BATU AKIK TERPOPULER DI INDONESIA DAN KHASIATNYA

Posted by SERBA SERBI GURU on Tuesday, May 26, 2015

Tulisan ini kembali mengulas tentang Batu Akik yang semakin popular. Kali ini penulis mencoba menhimpun informasi  jenis batu akik terpopuler dan manfaatnya bagi pemakai. Percayakah kalau batu akik membawa pamor atau energy? Ahli geologi, menyatakan bahwa setiap benda dari alam memang memancarkan energi. "Setiap benda menyimpan energi, begitu juga batu. Contoh gampang radioaktif punya radiasi positif dan negatif, dulu kita (museum) punya, disimpan khusus, tidak boleh langsung kena tangan," ujar Kepala Museum Geologi Bandung Sinung Baskoro 


1. Batu Bacan
1 batu-bacan
Batu Bacan dipercaya sebagai batu hidup yang akan berubah warnanya seiring berjalannya waktu. Batu Bacan menurut beberapa ahli batu merupakan jenis batu Krisokola. Batu jenis ini kebanyakan berwarna hijau kebiruan. Kekerasan batu Krisokola berkisar antara 3 – 4 pada skala Mohs. Batu Bacan krisokola yang bagus untuk dijadikan batu mulia adalah batuan krisokola yang telah mengalami proses silisifikasi sehingga kekerasannya mencapai 7 pada skala Mohs. Batu Bacan yang sudah memproses akan terlihat mengkilat dan keras ketika sudah diasah.

Khasiat Batu Bacan.  Ada dua jenis cincin batu bacan  “giok maluku” yang kita kenal yaitu dari desa Doko dan yang ditambang di desa Palamea. Menurut penduduk setempat, memiliki cincin yang terbuat dari batuan bacan dapat berguna untuk
1) Menjaga keselamatan dari serangan musuh
2) Memperlancar usaha dan penglaris barang dagang
3) Memancarkan aura kecantikan/ketampanan
Tentu saja Kegunaan diatas tidak dimiliki oleh batu biasa, untuk itu harus dilakukan pengisian terlebih dahulu. Orang yang bisa melakukannya adalah para supranatural atau ustadz yang memiliki kemampuan khusus.

Jenis batu Bacan ini menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.
2. Batu cincin Safir
1 batusafirSafir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.

Ada seorang ahli batu yang bernama Dr. (HC) Hisham Hashim dari negara tetangga Malaysia kalau mengetakan batu blue safir ini merupakan sebuah batu yang berkhasiat untuk pengobatan. Mengapa bisa demikian, karena batu ini memiliki gelombang elektromagnetik. Nah, batu ini tentunya bisa membetulkan medan elektromagnetik dalam tubuh seseorang yang sedang terganggu sehingga percaya atau tidak percaya orang yang memakai batu tersebut bisa sembuh. Namun perlu di ingat juga bahwa semuanya atas kuasa Allah.

Khasiat batu safir (sapphire) bagi yang yang mempercayainya, yaitu :
1) pembawa bahagia dalam perdagangan dan asmara.
2) mempertinggi gaya, memberi kesehatan, dan kepuasan jiwa.
3) memberikan ketentraman hidup.
4) melindungi diri dalam kejahatan.
5) menolak racun, penyakit menular, penyakit kulit,dan melindungi mata dari perusakan sakit cacar.
6) menuntun orang menjadi mempunyai pengelihatan ajaib
7) cahaya akan hilang, bila si pemakai berbuat hal tidak senonoh atau cabul.

Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

3. Batu Cincin Zamrud
batu zamrud
Batu zamrud juga memiliki manfaat tersendiri. Khasiat batu zamrud sudah banyak dirasakan oleh orang banyak.
Batu zamrud merupakan salah satu batu tertua dan dijadikan sebagai perhiasan. Kepopulerannya dapat mengalahkan batu permata lainnya. Batu zamrud ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Negara-negara penghasil zamrud berkualitas tinggi di antaranya yaitu Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil. Warna dari batu zamrud adalah berwarna hijau sampai hijau tua.

Batu zamrud atau emerald termasuk mineral silikat beryllium dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Berdasarkan sejarah, kaum Mesir (dalam bahasa Inggris disebut Egypt) telah menambang batu zamrud sejak 3500 SM. Pada masa itu, memang telah banyak dilakukan penambangan batu zamrud terbesar, memang berada di Mesir sampai dengan abad ke 16.

Namun penjelajah dari negeri matador akhirnya telah menemukan pertambangan yang terbengkalai di daerah Kolombia (Amerika Selatan) dan hingga saat ini Kolombia masih menjadi sebagai negara penghasil emerald terbaik di dunia.

Orang-orang pada zaman dahulu juga sering menghubung-hubungkan batu zamrud ini dengan dewi cinta atau Venus dikarenakan warna hijau yang begitu indah diartikan akan memberikan tentang getar-getar cinta, harmoni, dan kebahagiaan dalam hidup.

Batu zamrud ini juga dijadikan sebagai simbol sebuah harapan. Batu zamrud dipercaya dapat membantu menyembuhkan suatu hubungan yang lagi ada permasalahan serta digunakan juga untuk kesehatan seseorang. Masyarakat India menganggap bahwa batu zamrud ini dapat membawa peruntungan nasib yang baik dan dapat mendatangkan kekayaan.


4. Batu Cincin Ruby
Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Batu Ruby terkenal memiliki banyak manfaat. Manfaat batu akik Ruby, antara lain selama ribuan tahun, Ruby dianggap sebagai batu cinta, energi, gairah, kekuatan, dan semangat hidup. Seperti tidak ada batu permata lain di dunia selain Ruby yang melambangkan kesempurnaan untuk perasaan yang kuat. Unsur penting lainnya dari Ruby selain api dan   darah, Ruby dikatakan dapat mengembalikan kekuatan vital kehidupan seseorang dan dapat meningkatkan energi serta kekuatan. Ruby juga dikenal sebagai batu keberanian, legenda mengatakan bahwa seseorang yang memiliki ruby dapat berjalan melalui hidup tanpa takut kejahatan atau kemalangan.
Secara fisik, rubi diperkirakan dapat memberikan keseimbangan dan energi, menstimulasi cakra jantung dan mendorong semangat untuk hidup, tetapi kebaikan tersebut tidak pernah dikatakan dengan cara merusak diri sendiri untuk mengatasi kelelahan dan menenangkan sifat hiperaktif. Ruby dapat men-detoksifikasi darah dalam tubuh, mengobati demam, penyakit, dan penyumbatan aliran darah. Dengan demikian, batu Ruby sangat baik untuk jantung dan sistem peredaran darah yang dapat merangsang adrenalin, ginjal, organ reproduksi serta limpa.
Secara emosional, batu rubi dipercaya dapat meningkatkan motivasi dan pengaturan tujuan. Ruby secara ilusi lebih mengundang mimpi yang positif, visualisasi, bantuan dalam mempertahankan kekayaan dengan semangat yang jelas. Ruby dapat merubah dan menghilangkan emosi negatif seperti kemarahan. Ruby juga menggambarkan secara emosional mengenai kepemimpinan yang dinamis untuk membawa keadaan yang lebih positif dan berani memiliki pikiran yang tajam, menguatkan kesadaran dan menambah daya konsentrasi. Ruby membuat Anda lebih kuat pada saat menghadapi penolakan atau perselisihan dan dapat menjadi perisai terhadap serangan fisik. Sebuah ruby juga dikatakan oleh seorang pemukim yang sedang sengketa bahawa dapat memiliki kekuatan rekonsiliasi. Batu ruby bersifat dinamis, dan membawa semangat serta antusiasme.
Pengaruh Batu Mulia Ruby pada Kesehatan menurut Asrology Weda. Dalam keadaan tertentu, Ruby dipakai untuk meningkatkan hemoglobin. Mereka yang lemah secara fisik disarankan memakai Ruby. Pengaruh positif Ruby dapat membantu mengurangi masalah lambung atau penyakit lambung dan TBC. Ruby juga dipakai untuk kesehatan dan kekuatan fisik.
Menurut Asrology Veda. Batu Permata Ruby juga dapat mengurangi pikiran negatif seseorang. Ada kesalahpahaman tentang Ruby bahwa jika seseorang sedang menghadapi masalah atau batu tidak cocok untuknya, warna batu akan berubah. Ruby meningkatkan status ekonomi seseorang dan pengaruh positif juga meningkatkan iman orang dalam spiritualitas.

 5. Batu Topaz
blue topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Manfaat batu akik topaz :
1) Anda akan selalu tampil mempesona, gagah, dan maskulin (lebih tampan)
2) Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tampak mengagumkan khususnya di mata para wanita
3) Sangat membantu mendapatkan pasangan bagi yang belum berjodoh
4) Bagi yang sudah memilki pasangan atau sudah berkeluarga menjadikan cintanya semakin terjalin lebih kuat
5) Menambah karismatik, wibawa dan daya tarik
6) Memilki tatapan dan senyuman yang mempesona
7) Menambah vitalitas
8) kesehatan seksual semakin membaik
9) Memberi rasa lebih damai
10) Menghindarkan diri dari gangguan musuh nyata ataupun gaib
6. Batu Opal (Kalimaya)
batu kalimaya
Batu Opal Kalimaya sudah dikenal dalam sejarah kekaisaran Romawi kuno. Konon sang Kaisar terkenal yang juga penguasa Romawi ‘Marcus Antonius’ waktu itu memberikan cendera mata berupa batu opal sangat indah untuk penguasa Mesir ‘Cleopatra’. Sumber keindahan pada batu ini terletak pada keragaman warna yang ditampilkan sehingga untuk bisa memaksimalkan kilau pada warna batu itu pemotongan juga menjadi tolak ukur terhadap keindahannya

Khasiat Batu Black Opal Kalimaya
1) Dipercayai dapat meningkatkan kestabilan psikis
2) Diyakini sebagai lambing dari kejujuran
3) Bermanfaat sebagai asihan atau meningkatkan rasa cinta
4) Dipercayai batu yang berasal dari surga

Namun untuk khasiatnya sendiri hanya Tuhan yang maha mengetahui. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Batu Black Opal Kalimaya semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan kita.

7. Batu Sungai Dareh
1 sungai-dareh
Batu sungai dare memiliki kelebihan, keunikan dan keistimewaaan yang sangat menawan pada corak warna batunya. Kadar kekerasan batu sungai dareh adalah 7 skala mohs dimana hal ini setara dengan batu giok china yang sudah dikenal sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Adapun Manfaat batu sungai dareh adalah sbb:
1) Menjaga keselarasan dengan alam sekitar
2) Menjaga keseimbangan emosional
3) Menjaga stamina bahkan menjadikan tubuh menjadi lebih bertenaga
4) Memiliki efek untuk menetralisir racun dari dalam tubuh
4) Jika digunakan di luar ruangan atau aktivitas luar ruangan akan mampu menjaga diri pemakai (atas seijin Allah swt tentunya)
5) Warna hijau pada sungai dareh bisa meningkatkan kinerja jantung, syaraf dan fisik secara keseluruhan.
6) Berfungsi sebagai relaksasi, menghilangkan stres
7) Menjadikan pemakai lebih bijaksana
8) Melawan energi negatif dalam tubuh

8. Batu Giok
batu giok
Batu giok diyakini sebagai perangsang aliran chi (energi murni). Engeri murni ini dianggap mamp mencegah penuaan sels-sel tubuh dan mengatasi aneka penyakit.
Tiomsi Hutapea (64) kadar gula darah saat puasa 470 mg/dl dan sesudah makan 2 jam berkisar 546 mg/dl. Akibatnya, warga Tanjung Priok, Jakarta Utara itu merasa lemas dan gemetaran. Ia tidak mau jalan-jalan karena khawatir jatuh.

Selain kadar gula tinggi, Tiomsi juga menderita sakit maag, asam uratm dan badan seperti ditusuk-tusuk. Sudah banyak dokter dan sinse yang ditemuinya. Sudah banyak juga obat penghilang rasa sakit yang dikonsumsinya, antara lain kapsul neurotion.

Delapan Khasiat Batu Giok
1. Sinar infra merahnya mampu mensterilkan dan menurunkan panas, sehingga mempercepat kegiatan kerja pada sistem pencernaan.
2. Akupresur dan moksibasi (jalur energi yang disalurkan) di sekitar tulang belakang memperbaiki metabolisme di seluruh tubuh.
3. Dapat membuang darah kotor dalam pembuluh darah.
4. Memperlancar sirkulasi darah dengan moksibasi atau pemanasan pada pembuluh darah.
5 Membantu semua organ tubuh dalam menerima rangsangan dengan melatih akar-akar saraf yang kaku.
6. Meningkatkan hubungan antara tubuh dan sistem saraf dengan melenturkan saraf pusat yang kencang.
7. Memperbaiki tulang bengkok dan posisi tubuh bungkuk.
8. Membebaskan gumpalan darah kotor di sekitar tulang dengan cara menghancurkannya.

9. Batu Kecubung (Amethyst)
batu akik kecubung

Batu Kecubung  atau Amethyst merupakan jenis batu mulia yang paling banyak dicari oleh para kolektor. Batu permata ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan batu kecubung ungu dan dipercaya akan memiliki khasiat untuk pemakainya. Batu ini juga memiliki beberapa warna diantaranya ungu berkilau, merah muda dan kebiruan.

Khasiat Batu Kecubung Ungu diantaranya
  • Berfungsi sebagai penenang batin
  • Sebagai alat mendapatkan kasih saying dan simpati
  • Barmanfaat sebagai media untuk dijadikan pengobatan lahir dan batin
  • Untuk penyakit fisik: bisa membantu penderita, rabun, sakit kepala, paru-paru, gangguang pencernaan, kecanduan alkhl atau jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf
  • Untuk penyakit batin : dapat mengendalikan emosi, membentuk karakter pribadi, semangat hidup, keihlasan dan kerendahan hati dll
  • Membuka aura, membuka cakra pada tubuh manusia
  • Dapat menitralisir energi negatif dalam tubuh
  • Sebagai alat media pengasihan


10. Batu Lavender
batu lavender baturajaJenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Adapun manfaat dan Khasiat Batu Lavender. Batu lavender yang masuk pada jenis atau kategori batu Chalchedony, sedangkan cirikhasnya sendiri adalah pada warrnanya yang ungu yang membuat salah satu jenis batu permata ini terlihat cantik ketika digunakan sebagai perhiasan. Dan jenis batu lavender ini memang merupakan salah satu jenis batu yang memang banyak disukai oleh oleh para penghobi atau kolektor batu permata.
Pasalnya batu permata ini tidak hanya cantik dan indah, melainkan juga memiliki cukup banyak manfaat dan juga khasiat. Dan diketahui bahwa batu lavender yang memang asli dengan kualitas terbaik harganya pun mencapai ratusan juta rupiah, bagi anda yang penasaran, maka di bawah ini adalah beberapa manfaat dan juga khasiat batu lavender yang dapat kita ketahui bersama.




BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 6:15 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB