===========================================

SILABUS DAN RPP SMA KELAS 10 11 12 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017-2018

Posted by SERBA SERBI GURU on Friday, June 22, 2018

Silabus dan RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018

Download Silabus dan RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018 RPP merupakan salah satu bukti perencanaaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran. Adapun yang dimaksud perencanaan pembelajaran adalah kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses belajar mengajar  yaitu dengan mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model dan teknik), serta bagaimana mengukurnya menjadi jelas dan sistematis, sehingga nantinya proses belajar mengajar menjadi efektif dan efisien.

Perencanaan termasuk di dalam RPP selalu mempunyai arah yang hendak dicapai yaitu tujuan yang harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yang jelas dan terukur. Strategi untuk mencapai tujuan berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yang dapat mendukung diperlukan untuk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Implementasi adalah pelaksanaan dari strategi dan penetapan sumber daya. 

RPP disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018 adalah perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada kelas yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Lalu apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah untuk : 1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar; 2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Sedangkan, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Jadi tujuan Silabus dan RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018 adalah sebagian acuan bagi guru SMA Kelas 10 hingga kelas 12 dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Bagimana cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun Silabus dan RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen  dan  sistematika  RPP yang berlaku. Komponen  dan  sistematika  RPP  berikut  mengacu  pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dan  Permendikbud  Nomor  103  Tahun  2014  Tentang  Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Adapun Komponen RPP SD SMP SMA SMK Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 adalah sebagai berikut
a.  identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.  identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.  kelas/semester;
d.  materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f.  tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k.  sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.  penilaian hasil pembelajaran.

Apakah saja, prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP termasuk RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018 ? Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yakni sebagai berikut:
1.  Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  perbedaan  kemampuan  awal,  tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau  lingkungan  peserta  didik.  Sebagai  contoh  guru  menggunakan  secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran  karena gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.

2.  Berpusat pada peserta didik
Guru  yang  menerapkan  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  didik  pertama-tama  memperlakukan  siswa  sebagai  subyek  didik  atau  pembelajar. Dilihat  dari udut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau  birokrat.  Guru  bertindak  sebagai  pembimbing,  pendamping,  fasilitator, sahabat, atau  abang/kakak bagi  peserta  didik  terutama    dalam  mencapai  tujuan pembelajaran  yakni  kompetensi  peserta  didik.    Oleh  karena  itu  guru  seyogyanya merancang  proses  pembelajaran  yang  mampu  mendorong,  memotivasi, menumbuhkan  minat  dan kreativitas  peserta  didik. Hak  ini  dapat  berjalan  jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya. 

3.  Berbasis konteks
Pembelajaran  berbasis  konteks  dapat  terwujud  apabila  guru  mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar lokal (setempat), guru mengenal  situasi  dan  kondisi  sosial  ekonomi  peserta  didik,  mengenal  dan mengedepankan budaya  atau  nilai-nilai  kearifan  lokal, tanpa  kehilangan  wawasan global.  Sebagai  contoh  nilai  gotong  royong  di  Jawa  atau  pela  gandong  di  Maluku dapat  dijadikan    inspirasi  mengembangkan  proses dan  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran juga  dapat dimulai  dari  apa  yang  sudah  diketahui  oleh  peserta  didik sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.

4.  Berorientasi kekinian
Ini  adalah  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru  yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well  informed,    selalu  meng-update dan  meng-up  grade ilmu  pengetahuan  yang menjadi  bidangnya,  termasuk  teori-teori  dan  praktik  baik  di  bidang pendidikan/pembelajaran.  Dengan  demikian  rancangan  pembelajaran  yang dikembangkan  guru  dapat  menjadi  inspirasi  bagi  siswa  dana  abagi  guru-uru  yang lain. 

5.  Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yang mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana kegiatan pembelajaran siswa.

6.  Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP  memuat  rancangan  program  pemberian  umpan  balik  positif,  penguatan, pengayaan, dan remedi.

7.  Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP  disusun  dengan  memperhatikan  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KI,  KD, indikator  pencapaian  kompetensi,  tujuan  pembelajaran,  materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran,  penilaian,  dan  sumber  belajar  dalam  satu  keutuhan pengalaman  belajar.RPP disusun  dengan  mengakomodasi pembelajaran  tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan  pembelajaran  dalam RPP  disusun  dengan  mempertimbangkan  penerapan teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan  efektif sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi. Sebagai  contoh  ketika  guru  menugasi  siswa mengeksplorasi  sumber-sumber  pengetahuan  lewat  internet,  guru  harus  bisa menunjukkan  kepada  siswa  alamat  situs-situs  web  atau  tautan  (link)  yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.

Sudahkan Bapak/Ibu guru SMA Kelas 10, Kelas 11 dan Kelas 12 memiliki RPP SMA Edisi terbaru. Jika belum berikut ini kumpulan Link download Silabus dan RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018. Silahkan dimanfaatkan sebagai dokumen awal untuk Bapak/Ibu sesuaikan dengan keterampilan Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.


A. MAPEL UTAMA

B. MATA PELAJARAN MATEMATIK DAN IPA

C. MATA PELAJARAN IPS

D. MATA PELAJARAN BUDAYA DAN ILMU BAHASA

SILABUS MAPEL BIOLOGI SMA KURIKULUM 2013

RPP Kurikulum 2013 Khusu MAPEL BIOLOGI SMA



Demikian informasi tentang RPP SMA Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018. Semoga bermanfaat dan dapat memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai bahan referensi saat membuat RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.




Blog, Updated at: 12:02 AM

0 komentar:

Post a Comment

Search Artikel

------------------------------------------


Statistik Blog

------------------------------------------

loading...

------------------------------------------

CB