Jadwal Persyaratan Pendafataran Mahasiswa Baru STIS 2019/2020. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.


Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua program studi: Program Studi Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Program Studi Komputasi Statistik. Program Studi Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Program Studi Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.


Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2018/2019

Jadwal Persyaratan Pendafataran Mahasiswa Baru STIS 2019/2020. Sebagai satu-satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Pusat Statistik, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah mengalami perubahan bentuk kelembagaan menjadi Politeknik Statistika STIS pada tahun 2017. Politeknik Statistika STIS akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:
          Program Studi Diploma III Statistika 
          Program Studi Diploma IV Statistika 
          Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik 

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan II/c dan ditugaskan pada wilayah-wilayah di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, serta semua Provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan.

Sementara lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Golongan III/a dan akan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat/Propinsi/Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Sistem Seleksi PMB Politeknik Statistika STIS. Untuk dapat mengikuti seleksi PMB Politeknik Statistika STIS, calon mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat berikut:
1.        Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2.        Program Diploma IV (450 mahasiswa):
Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau
Siswa SMA/MA Jurusan IPA Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
3.        Program Diploma III (150 mahasiswa):
(Khusus Pendaftar yang berdomisili pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung, serta semua Provinsi di Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan)
Lulusan SMA/MA Jurusan IPA; atau
Siswa SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada rapor kelas XII semester I;
4.        Umur tidak lebih dari 22 tahun per 1 Oktober 2019.
5.        Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
6.        Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
7.        Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
8.        Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
9.        Setelah lulus pendidikan di STIS, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Seleksi PMB dilakukan dalam 4 (empat ) tahap sebagai berikut:
Tahap I : Tes Potensi Akademik meliputi: Matematika
Tahap II : Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tahap III : Psikotes
Tahap III : Tes Kesehatan dan Kebugaran

Setiap tahapan seleksi dilaksanakan di seluruh Ibukota Propinsi dan beberapa Ibukota Kabupaten secara serentak dan berlaku sistem gugur. Tes tahap I (potensi akademik) dilakukan sendiri oleh Politeknik Statistika STIS. Tes Tahap II (Tes Kemampuan Dasar) dilakukan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tes tahap IV (Tes Kesehatan dan Kebugaran) dilaksanakan bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI/Polri di masing-masing propinsi.

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STISTahun 2019/2020. Adapun Jadwal pendaftaran PMB Politeknik Statistika STIS Tahun 2018/2020 akan dimulai pada bulan April 2019.

Link Download Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2019/2020 ----DISINI

Demikian update informasi tentang Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran STIS Tahun 2019/2020, semoga bermanfaat. Terima kasih. 


================================

Post a Comment

Previous Post Next Post