SOAL CPNS 2018 GRATIS DAN PEMBAHASANNYA
Download Soal CPNS 2018 Gratis dan Pembahasannya. Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. PNS merupakan bagian pokok dari ASN (Aparatur Sipin Negara), karena di dalam ASN selain terdapat PNS juga terdapat PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Pada sebagian orang, menjadi PNS masih menjadi cita-cita. Untuk mewujudkan cita-cita menjadi PNS, seseorang harus mengikuti Seleksi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Ada informasi yang menggemberikan bahwa pemerintah akan mengadakan seleksi CPNS tahun 2018 nanti. Lalu apa sih yang dimaksud CPNS? Calon Pegawai Negeri Sipil (disingkat CPNS) adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Calon Pegawai Negeri Sipil belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Saat berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Pengumuman resmi Seleksi CPNS tahun 2018 memang belum dirilis secara resmi, jika seseorang berminat jadi PNS jangan sampai tertipu. Informasi CPNS yang resmi dapat dilihat di laman Menpan.go.id. laman bkn.go.id, laman kementerian yang berdomain go.id atau laman bkd provinsi / kabupaten / kota yang juga berdoman go.id. Namun sebagai persiapan Anda bisa membaca berbagai peraturan yang ada seperti PP 11 Tahun 2017 tentang ASN, Permenpan No 25 Tahun 2016 yang diperbaharu dengan Permenpan No. 18 tahun 2017 dan berbagai aturan lainnya. (baca syarat mendaftarkan diri menjadi CPNS disini)

Selain membaca aturan anda juga bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal tes CPNS 2018 dan contoh-contoh soal seleksi CPNS tahun 2018. Soal-soal latihan tidak sama bahkan jauh dari soal yang sebenarnya, tetapi minimal dapat digunakan sebagai bahan untuk mengukur kemampuan diri. Soal latihan CPNS 2018 seperti soal Cat BKn mungkin juga hanya sekedar melatih cara mengerjakan soal melalui computer. Mengapa perlu berlatih ? karena berdasarkan pengalaman soal CPNS tahun 2018 dipastikan dikerjakan secara online atau dikenal dengan istilah CAT.

Selain mempelajari Soal latihan seleksi CPNS tahun 2018 ada baiknya juga Anda mengenal kisi-kisi soal CPNS 2018. Untuk kisi-kisi soal CPNS 2018 sebenarnya anda dapat membaca Permenpan No 20 Tahun 2017. Karena secara logis soal tes CPNS 2018 tidak akan jauh berbeda dengan soal tes CPNS 2017. Sebagaimana diketahui soal tes CPNS 2017 mengacu pada Permenpan No 20 Tahun 2017. (Info selengkapnya baca disini)

Terkait latihan Soal  CPNS 2018 atau soal latihan seleksi CPNS tahun 2018. Kali ini admin bagikan link download Soal CPNS 2018 Gratis dan Pembahasannya yang tentunya hanya untuk memperkaya wawasan (harapannya tentu dapat membantu Anda yang sedang memperispakan diri menghadapai pelaksanaan seleksi CPNS 2018. Sekali lagi contoh soal seleksi CPNS tahun 2018 ini hanya soal latihan. Berikut ini link contoh latihan Soal  CPNS 2018

Download Contoh Latihan Soal  CPNS 2018 versi CAT (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TIU CPNS 2018 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TKP 2018 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TWK 2018 (disini)

Catatan: TIU artinya Tes Intelegsi Umum, TKP adalah Tes Karekateristik Kepribadian dan TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaaan.

Demikian info link Download Soal CPNS 2018 Gratis dan Pembahasannya., semoga bermanfaat. Selamat berlatih dan mempersiapkan diri secara optimal. Selamat berjuang, semoga sukses….






3 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post