PENERIMAAN CPNS UNTUK FORMASI DAERAH DIBUKA TAHUN 2018

Setelah tahun 2017 pemerintah membuka penerimaan CPNS untuk formasi Pusat, rencananya pada tahun 2018 Pemerintah Republik Indonesia kembali akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Formasi CPNS tahun 2018 ini khusus untuk kabupaten/kota. Informasi akan diadakan Penerimaan CPNS di tahun 2018 untuk formasi daerah (provinsi/kabupaten/kota) ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Asman Abnur di Makassar, Jumat (9/11/2017).


"Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," kata Asman yang ditemui seusai acara Sosialisasi dan Konsultasi Pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sulawesi Selatan dan Implementasi LAPOR! SP4N di Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat tanggal 10 Nopember 2017.

Penerimaan CPNS tahun 2018 menurut MenpanRB Asman Abnur, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah. "Bidang pertanian misalnya yang ingin kita kembangkan, tetapi tidak punya pegawai di bidang pertanian," ujarnya sebagaimana dikutip Antara.

Asman berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan.

Tahapan penerimaan CPNS 2018 di daerah dimulai dari pengusulan formasi CPNS dari kabupaten/kota. Tahap ini sudah berjalan sejak 2017 ini. Formasinya berdasarkan usulan dari pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota.

Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman mengatakan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara. "Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen," katanya. 

Ia juga berharap pelaksanaan penerimaaan CPNS daerah ini dapat dilakukan secepatnya. "Lebih cepat lebih bagus," tambahnya. Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 selesai dilaksanakan.

Menurutnya, pembukaan penerimaan CPNS daerah dilakukan setelah lembaga vertikal atau pusat telah merampungkan pelaksanaan CPNS yang digelar baru-baru ini. Namun Menteri Asman belum memastikan apakah tahapan CPNS 2018 khusus daerah ini digelar serentak atau terpisah.


Sebagai informasi tambahan pada seleksi CPNS tahun 2017 banyak peserta yang tidak mencapai batas minimal nilai SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Oleh karena itu bagi Anda yang akan mengikuti seleksi CPNS di tahun 2018 atau tahun-tahun berikutnya, persiapkan diri Anda untuk berlatih mengerjakan soal dengan model CAT BKN. Apa itu seleksi model CAT BKN. Seleksi dengan model CAT BKN intinya sama dengan pelaksanaan UKG bagi guru atau pelaksanaan UNBK untuk siswa. Untuk contoh soal Latihan SKD CAT BKN bisa coba disini. Selamat mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi CPNS tahun 2018. 

=================================================




Post a Comment

Previous Post Next Post