Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka kembali simulasi Computer Assisted Test (CAT) secara online di www.menpan.go.id. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi seleksi penerimaan calon mahasiswa/praja di 7 Sekolah Ikatan Dinas, yang pendaftarannya sudah dibuka beberapa waktu lalu. Dipastikan pula bahwa Computer Assisted Test (CAT) akan dipergunakan dalam penerimaan CPNS ke depan. (link download / unduh Simulasi Computer Assisted Test (Cat) Secara Offline tersedia diakhir berita / tulisan ini)

Demikian dikatakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Senin (11/04).  ”Pelaksanaan seleksi di tujuh Sekolah Ikatan Dinas itu menggunakan sistem CAT, seperti halnya tes untuk CPNS,” ujar Herman.

Dikatakan, calon mahasiswa/praja 7 Sekolah Ikatan Dinas tersebut diwajibkan mengikuti tes kompetensi dasar (TKD). CAT merupakan suatu metode seleksi dengan bantuan computer, sehingga menjamin terjadinya transparansi. Setiap peserta mendapat soal yang berbeda, meskipun duduknya berdampingan. Setelah selesai mengerjakan soal, peserta tes dapat langsung mengetahui hasilnya.

Dengan demikian, lanjut Herman, seleksi dengan sistem CAT ini akan mencegah terjadinya main mata, atau KKN dalam penerimaan mahasiswa ikatan dinas. “Dengan demikian yang tes hanya peserta yang benar-benar siap, dan putra-putri terbaik bangsa. Tidak ada titip-titipan,” tegas Herman.

Melalui sistem ini, peserta yang lulus sudah memenuhi standar minimal kompetensi dasar bagi CPNS. Simulasi CAT online yang dapat diunduh secara gratis ini, merupakan upaya Kementerian PANRB untuk membantu para calon peserta tes mengenal aplikasi yang sudah diterapkan secara penuh dalam tes CPNS pada tahun 2014.

Diakui bahwa dewasa ini semua lulusan SLTA sudah familier dengan teknologi informasi dan komunikasi. Simulasi tersebut dibuat dalam rangka memberikan edukasi kepada pelamar yang sudah mendaftar mengikuti seleksi Sekolah Ikatan Dinas agar dalam pelaksananaan TKD agar nanti bisa lebih optimal, imbuh Herman.
Kabag Sistem Informasi pada Biro HUKIP Kementerian PANRB Taufiq Rahman menambahkan, aplikasi CAT ini, didalamnya tersedia pilihan beranda, registrasi, mulai CAT, papan skor, informasi CPNS, CAT offline, bantuan dan kontak. "Simulai CAT ini bisa dikunjungi melalui partner website Menpan RB di sc.menpan.go.id," ujarnya menambahkan.

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan cara memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju. Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya, tahun ini seleksi masuk tujuh sekolah ikatan dinas dilakukan secara terpadu. Ketujuh kampus dimaksud adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 900 kursi, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) 300 kursi, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN 3.650 kursi, Akademi Imigrasi (AIM) dan POLTEKIP 260 kursi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 500 kursi, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 250 kursi, dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) sebanyak 80 kursi

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi, menjamin pelaksanaan seleksi CPNS ke depan bersih dan bebas KKN.

"Dengan menggunakan sistem CAT, seleksi CPNS akan berlangsung transparan dan objektif. Kami jamin tidak ada KKN, tidak ada bayar-bayaran," ujar Yuddy saat berdiskusi dengan para peserta simulasi Computer Asissted Test (CAT) pada ajang Job Fair dalam rangka Reuni Akbar dan Musyawarah Besar Alumni UNPAD di Kampus UNPAD Jatinangor. Minggu (17/04).

Diungkapkan bahwa di era pemerintahan Presiden Jokowi tidak ada yang bisa masuk menjadi CPNS dengan cara nitip. "Dulu ada istilah titipan pejabat, sekarang tidak ada lagi. Kalau ada yang mengatakan bisa nitip, hohong itu," sergah Yuddy.

Terkait pelaksanaan Reuni Akbar dan Mubes Alumni UNPAD, Yuddy  menyampaikan harapannya agar momentum ini dimanfaatkan para alumni untuk membangun kebersamaan.

"Mari kita saling menguatkan, saling bersinergi untuk mensejajarkan UNPAD dengan perguruan tinggi lain, bahkan melampauinya. Semua komponen, baik rektorat, dosen, mahasiswa maupun alumni harus ngahiji," tegas Yuddy.

Menurut Yuddy, di tingkat internasional posisi UNPAD ada diperingkat 700 an, sedangkan di tingkat nasional berada diperingkat 10.

"Tugas kita semuanya untuk mewujudkan UNPAD menjadi world class university," ungkapnya sembari menutup  perbincangan

Download Contoh Latihan Soal  CPNS 2018 versi CAT (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TIU CPNS 2018 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TKP 2018 (disini)
Download Contoh Latihan Soal  TKD TWK 2018 (disini)

=================================


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post