KISI – KISI SOAL USBN BAHASA INDONESIA SD TAHUN 2018 (TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Posted by SERBA SERBI GURU on Thursday, January 25, 2018

KISI – KISI  SOAL USBN BAHASA INDONESIA SD TAHUN 2018 (TAHUN PELAJARAN 2017/2018)


Kisi – Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 (Tahun Pelajaran 2017/2018). Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN)  merupakan  ujian  akhir  dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Oleh karena hasil USBN menentukan kelulusan dari satuan pendidikan maka soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik sehingga memberikan informasi yang valid dan objektif.  Soal ujian yang kurang baik memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian siswa sehingga dapat merugikan siswa dan memberikan informasi yang tidak tepat atau  menyesatkan  untuk  pengambil  keputusan.  Penulisan  soal  USBN  menjadi kritikal  karena  ditulis  oleh  guru  pada  masing-masing  satuan  pendidikan.  Dalam usaha  meningkatkan  kualitas  soal  USBN  perlu  dijelaskan  tahapan  yang  harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. 

Seperti  telah  diketahui  sejak  tahun pelajaran  2016/2017,  ujian  satuan  pendidikan  pada  beberapa  mata  pelajaran ditingkatkan  menjadi  Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN)  pada  jenjang SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan pada jenjang SD/MI USBN baru diterapkan pada  tahun  pelajaran  2017/2018.  Penyusunan  soal  USBN  berdasarkan  kisi-kisi yang  ditetapkan  BSNP.  Pada  beberapa  mata  pelajaran,  20%  -  25%  soal  USBN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun oleh  pendidik  yang  selanjutnya  dikonsolidasikan  di  KKG/MGMP.

Penilaian  melalui  USBN  merupakan  penilaian  yang  terstandar.  Untuk penilaian  terstandar,  harus  ada  acuan  yang  sama,  baik  dalam  penyusunan  soal maupun dalam pelaksanaan ujian. Dalam pelaksanaan ujian  yang menjadi acuan adalah Prosedur Operasional Standar (POS) USBN. Dalam penyusunan soal, yang menjadi acuan adalah kisi-kisi USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar  Kompetensi  Lulusan,  Standar  Isi,  dan  kurikulum  yang  berlaku.  Namun kisi-kisi USBN hanya merupakan awal dari pengembangan soal USBN, beberapa langkah  yang  perlu  ditempuh  untuk  memperoleh  soal  USBN  yang  berkualitas yakni: Penyusunan indikator soal, Penulisan soal, Penelaahan Soal dan Perakitan soal.


Kisi-kisi Soal merupakan suatu pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi Soal USBN SD yang ditetapkan oleh BSNP dikembangkan berdasarkan kurikulum SD / MI yang berlaku, yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Format Kisi-kisi Soal USBN SD berisi lingkup  materi  dan  level  kognitif.    Proses  penyusunan  kisi-kisi  USBN  dimulai dengan menganalisis kompetensi dasar yang terdapat pada kurikulum suatu mata pelajaran.  Semua  materi  kemudian  dikelompokkan  menjadi  beberapa  lingkup materi. Materi yang tercakup dalam setiap lingkup materi dipetakan ke dalam tiga level  kognitif,  yaitu  pengetahuan,  aplikasi,  dan  penalaran.  Pemetaan  materi  ke dalam level kognitif disesuaikan dengan kompetensi dasar dalam kurikulum.

Sebagai Panduan penyusunan soal USBN IPA SD 2018 berikut ini Kisi – Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 (Tahun Pelajaran 2017/2018. Kisi-kisi Kisi USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 ini merupakan kisi-kisi USBN yang diterbitkan BSNP. Dalam Kisi-kisi Kisi USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 antara Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 dijadikan satu atau irisan dari kedua kurikulum tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan download Kisi-kisi Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 ini.

Kisi – Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD Tahun 2018



Demikian info tentang Kisi – Kisi Soal USBN Bahasa Indonesia SD (MI) Tahun 2018 (Tahun Pelajaran 2017/2018. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan persiapan untuk penyusunan soal USBN di masing-masing KKG.




Blog, Updated at: 6:23 AM

0 comments:

Post a Comment