JUKNIS JUKLAK LPSN SMP TAHUN 2017

Posted By NOE ROEL on Thursday, March 2, 2017 | 6:04 AM

Juklak LPSN SMP Tahun 2017
LPSN merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs/sederajat yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan daya saing regional seperti yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019, mewujudkan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2025, yaitu menghasilkan insan Indonesia cerdas dan berkarakter, dan untuk memperkuat implementasi kurikulum 2013 guna meningkatkan mutu pendidikan nasional. Di samping itu kegiatan ini juga untuk memberikan ruang para siswa dalam KIR, guru dan sekolah untuk berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS).


Kegiatan LPSN ini akan selalu mengacu kepada kegiatan kompetisi ilmiah remaja internasional (International Youth Science Competition) sebagai barometer potensi remaja Indonesia dalam bidang sains. Agar pelaksanaan LPSN tahun 2017 sebagaimana yang dimaksudkan di atas terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan menjadi pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya.

Petunjuk Pelaksanaan (Juknis dan Juklak) LPSN SMP Tahun 2017 disusun agar pelaksanaan LPSN tahun 2017 sebagaimana yang dimaksudkan di atas terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan menjadi pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya.

Tema LPSN 2017 adalah ”Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kritis Siswa melalui melalui Penelitian Ilmiah”. Sub Tema :”Meningkatkan Inovasi untuk Menggunakan Sumber Daya di Lingkungan Sekitar demi Memberi Manfaat bagi Masyarakat”. Judul Judul karya ilmiah / topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema LPSN 2017. Judul hendaknya ekspresif, sesuai dengan topik yang ditulis serta tidak membuka peluang penafsiran ganda.

Juknis LPSN SMP Tahun 2017


Persyaratan Peserta sesuai Petunjuk Pelaksanaan (Juknis dan Juklak) LPSN SMP Tahun 2017

1. Berkewarganegaraan Indonesia.
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP/MTs negeri / swasta atau yang sederajat sesuai Undang-undang.
3. Berkelompok 2 - 3 siswa dalam setiap topik penelitian yang dipilih. Untuk kaderisasi, disarankan salah satu anggota kelompok dari kelas di bawahnya.
4. Hasil penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.
.
Ketentuan Lomba sesuai Petunjuk Pelaksanaan (Juknis dan Juklak) LPSN SMP Tahun 2017

1. LPSN 2017 dibuka sejak diumumkan. Semua naskah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 31 Agustus 2017.
2. Peserta lomba adalah siswa yang masih aktif dan terdaftar di SMP/MTs/ sederajat negeri atau swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Nama urutan pertama dalam kelompok adalah sebagai penulis utama dan ketua kelompok.
4. Untuk naskah yang dipanggil final, ketua kelompok bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya, dan dapat dibantu anggotanya. Panitia hanya membiayai satu orang (ketua kelompok).
5. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup yang diketahui kepala sekolah. Format daftar riwayat hidup ada dalam lampiran
6. Naskah karya ilmiah yang dikirimkan harus asli dan ditambah tiga rangkap salinan / foto kopi.
7. Naskah karya ilmiah yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebagai sumber data.
8. Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang mengikuti acara final pada bulan Oktober 2017 untuk mengikuti tes presentasi di depan dewan juri.
9. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, foto kopi kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
10. Para finalis diwajibkan menyerahkan file softcopy makalah (format MSWord) dan bahan presentasi (format MS-Powerpoint, untuk video: format MP4).
11. Bila ada prototipe / alat peraga hasil ciptaan, maka pada saat presentasi, alat tersebut harus dapat dioperasikan sesuai dengan fungsinya.
12. Para finalis yang tidak hadir dalam tes presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis.
13. Para finalis wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada saat presentasi dihadapan dewan juri.


Pengiriman Naskah Naskah/makalah karya ilmiah dikirimkan ke:

Direktorat Pembinaan SMP
up. Kegiatan Pembinaan Kesiswaan
Subdit Peserta Didik Komplek
Kemdikud, Gedung E lantai 17
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan,
Jakarta 10270 tel./fax. 021-572563,
Email: bakatprestasi.psmp@kemdikbud.go.id

Selengkapnya terkait Petunjuk Pelaksanaan (Juknis Juklak) LPSN SMP 2017 dapat diunduh disini


loading...

= Baca Juga =



Blog, Updated at: 6:04 AM

0 comments:

Post a Comment