LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) LIPI TAHUN 2017 UNTUK SISWA SMP SMA SEDERAJAT

Posted By NOE ROEL on Thursday, February 2, 2017 | 5:45 AM

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2017

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2017 yang diselenggarakan LIPI bekerjasama dengan British Council Indonesia melalui Newton Fund merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA atau sederajat berusia 12-19 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.


Kriteria Peserta Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
          Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada saat Perenstasi Finalis.
          Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
          Belum pernah menjadi pemenang LKIR dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
          Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait keikutsertaan lomba dan daftar riwayat hidup yang berisi:
Nama Lengkap
Jenis Kelamin
Tempat dan tanggal lahir
Alamat domisili
Sekolah/instansi
Nomor telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok
Email pribadi peserta/Ketua kelompok
Diketahui oleh orang tua atau wali dengan tanda tangan
          Karya Ilmiah yang sedang atau pernah diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tahun  2017


1. Pendaftaran Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Proses registrasi peserta dilakukan secara online pada website infokompetisi.lipi.go.id s.d tanggal 14 April 2017. Panduan Pendaftaran LKIR akan dipaparkan pada halaman registrasi infokompetisi.lipi.go.id. Peserta diwajibkan untuk menggunakan email pribadi dan kontak pribadi (bukan kontak kantor/sekolah) untuk memudahkan komunikasi dengan panitia.
2. Seleksi Administrasi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Proses seleksi administrasi oleh pihak panitia akan dilakukan setelah penutupan registrasi. Panitia hanya akan melakukan seleksi terhadap calon peserta yang telah memenuhi syarat dan kriteria serta telah melengkapi seluruh persyaratan dokumen.
3. Seleksi Proposal Terbimbing oleh Dewan Juri Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Dewan Juri akan menyeleksi proposal dan akan menentukan secara langsung mentor yang akan membimbing karya ilmiah peserta yang lolos seleksi. Proposal yang lolos akan dibimbing oleh mentor (Peneliti LIPI) untuk melaksanakan penelitian.
4. Pembimbingan (Mentoring) karya ilmiah Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Proses pembimbingan proposal dilakukan mulai bulan Juni s.d September 2017.
5. Pengumuman Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Karya ilmiah peserta yang telah selesai dibimbing akan diseleksi kembali oleh Dewan Juri untuk dipilih sebagai finalis LKIR ke-49 Tahun 2017. Pengumuman Finalis akan dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2017 melalui website Kompetisi LIPI, telepon dan surat resmi.
6. Pameran dan Presentasi Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Finalis yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya ilmiahnya secara keseluruhan di hadapan Dewan Juri dan melakukan pameran di hadapan pengunjung. Pameran dan presentasi finalis akan diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober s.d tanggal 26 Oktober 2017.

Mentoring Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017
Mentor adalah seseorang yang ditunjuk oleh Dewan Juri LKIR untuk memberikan bimbingan kepada peserta LKIR yang proposalnya lolos untuk dibimbing. Pemilihan mentor adalah mutlak menjadi hak Dewan Juri dengan mempertimbangkan kepakaran mentor tersebut.

Mekanisme Mentoring
          Panitia menginformasikan Nama Mentor Peserta Terbimbing bersamaan dengan pengumuman proposal terbimbing
          Panitia selanjutnya akan meneruskan proposal Peserta Terbimbing kepada Mentor masing – masing
          Panitia menginformasikan kontak Mentor kepada peserta
          Selanjutnya Peserta dipersilahkan melakukan komunikasi dengan mentor yang bersangkutan terkait penelitian yang akan dilakukan
          Peserta diperkenankan melakukan modifikasi judul, objek penelitian dan hal teknis lain atas rekomendasi Mentor
          Peserta wajib mengisi Logbook Penelitian

Output Mentoring
a) Laporan Penelitian
Hasil dari mentoring berupa Laporan penelitian yang dikumpulkan sebelum pengumuman Finalis untuk selanjutnya dipresentasikan dihadapan Dewan Juri pada saat Final Kompetisi Ilmiah LIPI (bagi peserta yang lolos sebagai Finalis). Format Laporan akan disampaikan pada saat mentoring berlangsung

b) Logbook Penelitian 
(template logbook dapat diunduh di halaman download)
Peserta juga akan mengumpulkan copy Logbook Penelitian pada saat presentasi final. Logbook menjadi salah satu dasar Dewan Juri menilai Penelitian yang telah dilaksanakan

c) Poster 

Pada saat Hasil Penetian sudah tercapai, maka peserta mulai mempersiapkan desain poster penelitian dengan bantuan dari Mentor sebagai Advisor.
loading...

= Baca Juga =



Blog, Updated at: 5:45 AM

0 comments:

Post a Comment