PENGERTIAN AKTIVITAS

Posted by SERBA SERBI GURU on Tuesday, January 3, 2017

PENGERTIAN AKTIVITAS
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik, perlu sekali diperhatikan peran keaktifannya guna menunjang pemahaman terhadap pembelajaran terutama pembelajaran PKn. Karena keberhasilan belajar peserta didik di sekolah dapat dilihat dari hasil prestasi belajarnya. Dalam rangka mencapai hasil prestasi belajar peserta didik tidak terlepas dari peran guru selaku pendidik. Di sini pendidik harus bisa memotivasi dan menciptakan situasi yang baik sehingga peserta didik berminat untuk aktif dalam belajar. Banyak cara yang bisa dilakukan pendidik diantaranya dengan memberikan penguatan berupa angka pada hasil pembelajarannya, memberi hadiah, memberikan pujian dan lain sebagainya seperti yang dikemukakan oleh Sadiman A.M (1988).




Untuk melihat aktivitas belajar dapat dilihat dari beberapa sudut pandang diantaranya dari sudut pandang ilmu jiwa lama dan modern.  Menurut John Locke  dengan konsepnya Tabularasa, mengibaratkan bahwa manusia itu seperti kertas putih yang tidak ada coretan sama sekali. Jadi mau dijadikan apa kertas putih itu (peserta didik) tergantung dari peran orang tua yang mendampinginya. Dan kalau di sekolah tidak lepas dari peran guru sebagai pendidik. 

Kalau menurut pendapat Herbert bahwa jiwa adalah keseluruhan tanggapan yang secara mekanis dikuasai oleh hukum-hukum asosiasi. Jadi hal ini pendidik yang aktif yakni menyampaikan tanggapan-tanggapan sedangkan peserta didik pasif hanya menurut alur dari hukum asosiasi tadi. Jadi peserta didik kurang memiliki aktifitas dan kreativitas. Kalau dipadukan antara pendapat John Locke dan Herbert, bahwa dalam proses belajar mengajar pendidiklah yang lebih memegang peranan aktif sementara peserta didik sendiri pasif.

Selanjutnya kalau menurut ilmu jiwa modern menerjemahkan bahwa jiwa manusia itu sebagai sesuatu yang dinamis, memiliki potensi dan energi sendiri secara alami. Peserta didik juga bisa aktif karena adanya dorongan dari berbagai macam kebutuhan. Peserta didik dipandang sebagai organisme yang mempunyai potensi untuk berkembang. Jadi dalam hal ini guru hanya memberikan acuan sementara peserta didik yang didominasi untuk aktif. Dan yang penting bagi pendidik adalah menyediakan kondisi yang kondusif.  

Jadi dalam rangka keberhasilan peserta didik dalam belajar memang sangat penting sekali dilihat aktivitas peserta didik. Aktivitas artinya “ kegiatan / keaktifan” jadi segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun nonfisik (Mulyono, Anton, 2001: 26). Dalam KKBI (2008:31), aktivitas adalah keaktifan atau kegiatan. Sedangkan aktivitas belajar mencakup aktivitas mental, intelektual, emosional, sosial, dan motorik dalam (Sudjana, 1991:5).

Menurut Rusman (2011:324), pembelajaran aktif merupakan pendekatan yang lebih banyak melibatkan aktivitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya.

Menurut Uno dan Mohamad (2012: 75-76), 10 ciri pembelajaran aktif adalah sebagai berikut.

a. Pembelajaran berpusat pada siswa,

b. Pembelajaran terkait dengan kehidupan nyata,

c. Mendoronga anak untuk berpikir kritis,

d. Melayani gaya belajar siswa yang berbeda-beda,
e. Mendorong siswa untuk berinteraksi multiatah,
f. Menggunakan lingkungan sebagai media atau sumber belajar,
g. Pembelajaran berpusat pada siswa,
h. Penataan lingkungan belajar sehingga siswa mudah belajar,
i. Guru memantau proses belajar siswa, dan
j. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja siswa.

Menurut KBBI (Sugondo, 2008:31), dinyatakan bahwa aktivitas adalah keaktifan; kegiatan; kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilakukan di tiap bagian di dalam perusahaan.

Definisi dari beberapa pakar di atas dapat penulis simpulkan bahwa aktivitas adalah suatu kegiatan yang menyangkut fisik dan nonfisik dengan menggunakan potensi dirinya dalam mengembangkan berbagai pengetahuan dan keterampilannya untuk mencapai suatu tujuan.




= Baca Juga =



Blog, Updated at: 9:27 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB