PEMOTONGAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG) MELANGGAR KONSTITUSI

Posted by SERBA SERBI GURU on Monday, August 29, 2016

Keputusan pemerintah untuk memotong anggaran kementerian dan lembaga maupun dana transfer ke daerah sebesar Rp 137,6 triliun dalam APBN-Perubahan 2016, mengakibatkan terpangkasnya alokasi dana tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,4 triliun.


Menanggapi hal ini Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra mengatakan, pemotongan anggaran tunjangan profesi guru (TPG) melanggar konstitusi.




“Dalam amanat UU disebutkan anggaran pendidikan itu sebesar 20 persen dari total belanja negara, jika ada pemangkasan dalam perubahan anggaran ini, maka anggaran pendidikan akan berada di bawah 20 persen,” tegas Sutan, Senin (29/08/2016).

Dikutip dari laman DPR RI, Politisi F-Gerindra itu menegaskan, secara prinsipil dan moral, DPR secara kelembagaan seyogyanya tidak memberi ruang untuk pemotongan anggaran profesi guru.

“Karena pemangkasan ini selain menyalahi konstitusi juga menunjukan ketidakberpihakan pemerintah kepada pahlawan pendidikan sebagai investasi masa depan NKRI,” kata Sutan.

Sutan menyarankan, pemangkasan tunjangan profesi sebenarnya bisa dihindari jika pemerintah mampu melakukan prioritas anggaran, karena masih banyak program infrastruktur yang bisa di tunda, karena relatif belum di perlukan.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Keuangan mengumumkan rencana pemangkasan tunjangan profesi guru sebesar Rp 23,4 triliun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016. Pemangkasan ini merupakan bagian dari penghematan transfer ke daerah sebesar Rp 70,1 triliun.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, pemotongan tunjangan profesi bagi guru dilakukan menyesuaikan  dengan data jumlah guru di lapangan. Sebab, jumlah guru yang berhak menerima tunjangan profesi tak sesuai dengan jumlah saat penganggaran.




BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 10:46 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB