TIPS MENJAGA ANAK KETIKA BERMAIN POKEMON GO

Posted by SERBA SERBI GURU on Tuesday, July 26, 2016

Demam permainan online Pokemon Go saat ini tengah digandrungi oleh berbagai kalangan di seluruh dunia, termasuk di Tanah Air. Mulai dari kalangan dewasa maupun anak-anak.
Apakah anak Anda juga termasuk salah satu yang ikut keranjingan bermain game ini? Ketua KPAI, Asrorun Niam Sholeh, mengimbau para orang tua agar tetap mendampingi anak-anak mereka saat bermain Pokemon Go.



Pasalnya, kecanduan bermain Pokemon Go dikabarkan dapat menimbulkan dampak negatif. Banyak pemain Pokemon Go sampai mengalami kecelakaan akibat terlalu sibuk memperhatikan layar gadget mereka. Tidak hanya itu, di Amerika bahkan sempat terjadi beberapa tindak kriminal karena game ini.
Perlu diketahui, bahwa pemain Pokemon Go harus berjalan di dunia nyata untuk bisa mencari mahluk bernama Pokemon dengan smartphone mereka. Sehingga, banyak orang yang tidak melihat jalan saat bermain. Bahkan beberapa orang bermain Pokemon sambil mengendarai kendaraan.
”Karena itulah, harus ada kontrol dan pendampingan orang tua agar tidak membahayakan dan melenakan anak-anak,” kata Asrorun.
Lebih lanjut, Asrorun mengatakan, aneka permainan sejatinya memiliki aspek rekreasi dan edukasi. Namun, jika permainan tersebut sampai membuat pemain melupakan waktu, maka perlu diwaspadai.
Lagi-lagi, peran orang tua sangat diperlukan apabila permainan tersebut sampai menyebabkan kecanduan dan muncul konten yang berbahaya serta terlarang. ”Kontrol orang tua dan sekitar harus ditingkatkan kepada anak dalam memainkan jenis permainan apapun,” tegasnya.
Apa saja yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak-anak yang senang memainkan game Pokemon Go ini, simak tips yang dikutip Sahabat Keluarga dari laman Nyata.co.id
* Temani Anak Bermain Pokemon Go di Luar
Anak Anda akan berjalan ketika bermain, tidak ada salahnya untuk selalu menemaninya bukan? Terutama bila ia bermain game di sore hari setelah Anda pulang kerja. Selain bisa mendekatkan diri dengan anak, Anda juga akan bisa menjaga badan agar lebih sehat. Selain itu, dengan menemaninya, Anda akan bisa menjaganya dari berbagai hal yang tidak diinginkan.
* Beri Pengertian Bahwa Anak Tidak Boleh Menganggu Privasi Orang Lain
Pokemon Go memiliki sensor yang bisa menggetarkan smartphone saat ada Pokemon di sekitar pemainnya. Bisa jadi anak Anda menemukan Pokemon di tempat yang mengganggu privasi orang lain seperti rumah tetangga atau di dalam pos polisi.
Sebaiknya Anda memberi pengertian kepada anak Anda bahwa meskipun bermain, tetapi ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mendapatkan Pokemon tersebut. Anda pasti tidak mau anak Anda menerobos masuk ke dalam pos polisi hanya karena ingin menangkap Pokemon bukan? Bila ia benar-benar menginginkannya karena memang ada beberapa Pokemon yang sangat langka, sebaiknya Anda temani ia untuk meminta izin masuk ke area tersebut kepada siapapun pemiliknya.
* Larang Untuk Bermain di Dalam Kendaraan, Termasuk Saat Bersepeda
Meskipun hanya duduk manis di dalam mobil, terkadang ada hal yang membuat pemain Pokemon Go cukup berbahaya. Beberapa dari pemain cenderung berteriak untuk meminta kendaraan segera berhenti saat mereka mendapati sensor Pokemon bergetar dan hal ini bisa membuat kaget Sang Pengemudi dan menjadi pemicu kecelakaan.
Ada juga yang nekat bermain saat bersepeda pancal, dan tentunya hal ini sangat berbahaya. Saya sarankan untuk melarang mereka bermain saat berada di dalam/saat berkendara. Anda bisa memberi pengertian bahwa hal tersebut bisa memicu terjadinya kecelakaan yang merugikan banyak pihak.
Tidak perlu melarang anak untuk berhenti bermain sepenuhnya, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk menemani anak bermain game yang sedang populer ini! (Bunga Kusuma/sumber : KPAI.co.id dan Nyata.co.id)



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 6:07 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB