ZASKIA GOTIK SEBUT LAMBANG SILA KELIMA PANCASILA "BEBEK NUNGGING."

Posted by SERBA SERBI GURU on Sunday, March 20, 2016

Ketua Advokasi, Hukum dan HAM Forum Bela Negara (FBN) Bali, Valerian Libert Wangge SH mengaku terkejut dengan candaan pedangdut Zaskia Gotik yang dinilai menghina lambang negara.


"Kami tak menyangka bila ada publik figur yang hendak mendulang popularitas dengan cara menginjak-injak simbol negaranya sendiri. Tindakannya itu sangat tidak patut dicontoh karena justru akan merusak alam kesadaran kita dalam ruang hidup berbangsa dan bernegara," ujarnya di Denpasar, Ahad (20/3).

Menurut dia, apa yang dipertontonkan Zaskia bisa merembes pada masalah yang lebih serius ke depan. "Ini tidak sekadar menjadi domain hukum, namun cermin penjelas gejala mengenai lunturnya rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa," kata dia.



Faris melanjutkan, "Bila ulah seperti ini ditoleransi maka ke depan akan semakin banyak tindakan serupa bahkan yang lebih parah lagi."

Dalam sebuah acara di televisi nasional, Gotik menjawab dengan seenaknya terhadap pertanyaan yang juga adalah seorang publik figur. Dimana dalam pertanyaan pertama adalah soal kapan Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Pertanyaan ini dijawab seenaknya oleh Zaskia, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya setelah azan Subuh pada 32 Agustus.

Kedua, pertanyaan soal apa lambang sila kelima Pancasila. Zaskia menjawab lambang sila kelima Pancasila adalah 'bebek nungging'. Dua hal ini sungguh memalukan dan melukai bangsa Indonesia.

Sementara itu, Forum Bela Negara (FBN) Provinsi Bali mendesak pihak penyidik Polri segera menahan pedangdut Zaskia Gotik terkait dengan laporan terhadap kasus pencemaran simbol negara.

Ketua DPD Forum Bela Negara Provinsi Bali Agus Nahak mengatakan, penghinaan simbol negara yang dilakukan Zaskia Gotik sangat memalukan dan melecehkan negara. "Laporan sudah ada ke Polri. Rekaman dari sebuah stasiun televisi swasta juga bisa diperoleh dengan mudah," kata dia di Denpasar, Ahad (20/3).

Artinya, kata dia, bukti-bukti itu sudah bisa dipegang penyidik. "Karena itu FBN Bali meminta kepada penyidik dari Polri agar segera menahan Zaskia Gotik. Ini sangat penting bagi seluruh anak bangsa agar tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama yakni menghina simbol negara," katanya.

Ia mengatakan penahanan itu sangat diperlukan agar Zaskia Gotik perlu mendapatkan pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara, cinta tanah air dan bangsa serta memberikan efek jera dan edukasi bagi masyarakat untuk menghormati simbol-simbol negara.

"Intinya kita mengecam dan meminta agar Zaskia Gotik harus dibina kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta Tanah Air dan kesadaran bela negara, dalam hal ini tidak menghina dan melecehakn serta mencandai lambang negara. Makanya kita mendesak agar penyidik segera menahan Zaskia Gotik itu," ucapnya.

FBN Bali menyesalkan candaan pemilik goyang itik (Gotik) tersebut terhadap hal yang sangat substansial di negeri ini. Penahanan terhadap Zaskia akan memberikan efek jera dan edukasi bagi seluruh anak bangsa agar tahu tentang simbol-simbol negara.

Terlebih Zaskia adalah publik figur dan candaan itu dilakukan saat sedang bersiaran di televisi. Sudah jutaan pasangan mata melihatnya dan sejumlah itu pula anak bangsa dipertontonkan dengan candaan yang sangat tidak mendidik tersebut.


Informasi terbaru, Kanit I Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Nico Setiawan, mengatakan bahwa pihaknya akan segera memanggil penyanyi dangdut Zaskia Gotik untuk pemeriksaan terkait dugaan pelecehan dan penghinaan atas Pancasila, dasar negara RI.

"Nanti Zaskia (dipanggil) juga sebagai saksi dulu," terang Nico ketika diwawancara per telepon oleh Kompas.com, Minggu (20/3/2016).

Namun, Nico belum membuat jadwal pasti untuk pemeriksaan terhadap pelantun lagu "Goyang Itik" itu.

Polisi, lanjut Nico, terlebih dulu akan meminta keterangan dari pembawa acara Dahsyat di layar kaca RCTI, Denny "Cagur", beserta dua rekan Zaskia dalam trio Cecepy, yaitu Julia Perez atau Jupe dan Ayu Ting Ting.

Mereka bersama Zaskia ketika peristiwa itu terjadi.

"Sementara saya jadwalkan host-nya dulu yang tiga orang. Nanti,nyusul host yang lain. Satu-satu dulu," ucapnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, para penyidik Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan memeriksa Jupe, Ayu, dan Denny sebagai saksi pada Senin (21/3/2016) mulai pukul 13.00 atau 14.00 WIB.

"Besok ada pemeriksaan saksi (kasus)  Zaskia Gotik. Rencananya, Denny Cagur, Ayu Ting Ting sama Julia Perez. Sementara tiga itu dulu," kata Nico.

Telah diberitakan, Zaskia memberi jawaban yang dianggap melecehkan dan menghina dasar negara RI, Pancasila, dan lambang negara RI, dalam hal ini lambang salah satu sila Pancasila, pada segmen "Cerdas Cermat" dalam acara Dahsyat edisi Selasa lalu (15/3/2016) di layar kaca RCTI.

Dalam acara tersebut Zaskia ditanya kapan Proklamasi Kemerdekaan RI, ia menjawab, "Setelah adzan subuh… tanggal 32 Agustus."

Selanjutnya, ketika ditanya apa lambang sila kelima Pancasila, ia menjawab, "Bebek nungging."



BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 10:58 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB