JUKLAK DAN SILABUS OSN SMP TAHUN 2016

Posted by SERBA SERBI GURU on Saturday, February 6, 2016

OSN SMP TAHUN 2016
Olimpiade Sains Nasional adalah kegiatan di bidang sains yang merupakan wahana bagi siswa untuk mengekspresikan potensinya dalam bidang IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS. Selain itu, kegiatan seleksi ini diharapkan dapat meningkatkan atmosfer kompetisi akademik yang positif antar sekolah dalam rangka memotivasi dan memberikan pelayanan bagi siswa yang berpotensi dalam bidang sains sehingga mereka dapat berperan aktif dalam kegiatan OSN dan lomba-lomba tingkat Internasional seperti International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC).

Melalui lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016 ini diharapkan terjadi peningkatan minat dan prestasi siswa dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS, serta terpilihnya siswa yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional. Adapun Bidang lomba dalam OSN 2016 meliputi: 1. Matematika 2. IPA 3. IPS




Persyaratan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016 terbuka untuk siswa SMP, SMP Terbuka, SD-SMP Satu Atap, MTs, baik negeri maupun swasta yang berkewarganegaraan Indonesia dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Tidak pernah terdaftar sebagai peserta OSN tingkat nasional tahun sebelumnya yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.
2. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs atau yang sederajat, duduk di kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten/kota. Saat mengikuti lomba tingkat provinsi maupun nasional masih berstatus sebagai peserta didik SMP/MTs atau sederajat dan sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
3. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 7,5 (tujuh koma lima) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
4. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah. 5. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan kepala sekolah.
6. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.

Juklak dan Silabus OSN SMP tahun 2016

Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016 dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: 1. Tahap I : Seleksi tingkat sekolah 2. Tahap II : Lomba tingkat kabupaten/kota 3. Tahap III : Lomba tingkat provinsi 4. Tahap IV : Lomba tingkat nasional AdapunBentuk Kegiatan dan Materi Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016: Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis (materi soal disiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMP). Sedangkan Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan eksperimen/ praktikum untuk IPA dan IPS.

Waktu Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016
1 Seleksi tingkat sekolah Februari 2016 Sekolah
2 Lomba tingkat kabupaten/ kota Maret 2016 Ibu kota kabupaten/ kota
3 Lomba tingkat provinsi April 2016 Ibu kota provinsi
4 Lomba tingkat nasional 16-21 Mei 2016 Palembang, Sumatera Selatan




Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2016 sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan pendidikan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Para pemenang tingkat nasional diberi hadiah dan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.





BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 8:37 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB