LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) 2016

Posted by SERBA SERBI GURU on Saturday, January 23, 2016

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah remaja (LKIR-48) dan National Young Inventors Awards (NYIA-9) tahun 2016.
Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2016 merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA atau sederajat berusia 12-19 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.




Kriteria Peserta Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada tanggal 22 Agustus 2015.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup. Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan. Template Daftar Riwayat dapat fiunduh di halaman download
  5. Karya Ilmiah yang sedang atau pernah diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR

Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016 

1. Pendaftaran Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Proses registrasi peserta dilakukan secara online pada website kompetisi.lipi.go.id dari tanggal 2 Januari 2016 s.d tanggal 21 Maret 2016. Panduan Pendaftaran LKIR akan dipaparkan pada website kompetisi.lipi.go.id. Peserta disarankan untuk menggunakan email pribadi dan kontak pribadi (bukan kontak kantor/sekolah) untuk memudahkan komunikasi dengan panitia.

2. Verifikasi Administrasi Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Proses verifikasi administrasi oleh pihak panitia akan dilakukan pada tanggal 21 Maret 2016 s.d tanggal 28 Maret 2016. Panitia hanya akan melakukan verifikasi terhadap calon peserta yang telah memenuhi syarat dan kriteria serta telah melengkapi seluruh persyaratan dokumen. Verifikasi dilaksanakan secara serentak setelah batas registrasi ditutup.
 
Pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2015

3. Seleksi Proposal Terbimbing oleh Dewan Juri Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Dewan Juri akan menyeleksi proposal dan akan menentukan secara langsung mentor yang akan membimbing karya ilmiah peserta yang lolos seleksi.Proposal yang lolos untuk dibimbing akan diumumkan secara online di website kompetisi.lipi.go.id Pada tanggal 11 April 2016.

4. Pembimbingan (Mentoring) karya ilmiah Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Proses pembimbingan proposal dilakukan mulai tanggal 18 April 2016 s.d tanggal 1 Agustus 2016. Ketentuan Mentoring dapat diunduh pada halaman download

5. Pengumuman Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Karya ilmiah peserta yang telah selesai dibimbing akan diseleksi kembali oleh Dewan Juri untuk dipilih sebagai finalis LKIR ke-48 Tahun 2016. Pengumuman Finalis akan dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2016 melalui website Kompetisi LIPI, telepon dan surat resmi.

6. Pameran dan Presentasi Finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 2016
Finalis yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya ilmiahnya secara keseluruhan di hadapan Dewan Juri dan melakukan pameran di hadapan pengunjung. Pameran dan presentasi finalis akan diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2016 s.d tanggal 26 Agustus 2016.





Detail persyaratan dan alur pelaksanaan silahkan kunjungi http://infokompetisi.lipi.go.id/kompetisi/lomba-karya-ilmiah-remaja/  Alamat registrasi LKIR : http://infokompetisi.lipi.go.id/registrasi/registrasi-lkir/

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendaftaran:
1. Lakukan registrasi peserta baru (klik link “Registrasi peserta baru”)
2. Tiap karya hanya boleh didaftarkan sebanyak 1 (satu) kali
3. Peserta boleh mendaftarkan lebih dari 1 (satu) judul karya
4. Ingatlah nomor registrasi dan kata-sandi anda(diperlukan untuk login apabila akan mengubah data pendaftaran)
5. Isilah data dengan benar, dengan kontak pribadi (bukan nomor telepon sekolah)
6. Anda dapat login pada halaman registrasi dengan memasukkan nomor registrasi dan kata-sandi

BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

Blog, Updated at: 2:46 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB