Liburan dan Perayaan Malam Tahun Baru 2022


Beberapa minggu lagi akan masuk masa Liburan Sekolah. Anda mau berlibur, terutama menyambut liburan akhir pekan dan Liburan tahun baru 2022. Jangan salah pilih! Cek dulu Tempat Wisata Favorit Untuk Perayaan Malam Tahun Baru 2022. Ada banyak pilihan untuk Liburan dan Perayaan Malam Tahun Baru 2022 seperti wisata pantai, wisata pegunungan atau justru pergi ke pusat kota. So, pasti tergantung selera Anda.











Bebapa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan tempat perayaan tahun baru 2021 antara lain masalah duit alias keuangan, masalah cuaca alias iklim yang kadang bikin ngeri. Oleh karena itu so pasti pilih tempat wisata yang aman.
Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2022

WAKTU
Mengapa waktu menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Memilih tanggal dan waktu berangkat bukanlah perkara yang mudah. Usahakan membeli tiket liburan jauh – jauh hari sebelum hari - H karena dapat dipastikan Anda kesulitan mendapatkan tiket karena kebutuhan akan tiket liburan sangatlah tinggi. Jika Anda adalah traveller yang bepergian bersama teman – teman Pilihlah waktu berangkat sepagi mungkin dan pulang semalam mungkin agar Anda dapat lebih puas mengunjungi tempat wisata yang Anda kunjungi. Jika Anda adalah traveller yang bepergian dengan keluarga, pilihlah waktu yang tepat untuk keluarga Anda agar liburan lebih menyenangkan. Dalam memilih tanggal pulang pun harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin karena tiket arus balik juga pasti akan sulit didapatkan.

KEUANGAN
Mengapa keuangan menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2022. Mempersiapkan dan memperhitungkan budget sangat diperlukan pada saat Anda ingin melakukan Liburan Natal dan Tahun Baru di tempat lain. Biasanya harga – harga bisa naik 2x lipat dari harga normal. Mulai dari tiket, akomodasi, hingga makanan dan souvenir akan dinaikkan harganya mengingat periode tersebut adalah kesempatan emas para penjual menaikkan harganya yang disebabkan oleh banyaknya permintaan. Anda juga perlu mempersiapkan budget untuk menghabiskan malam pergantian tahun yang biasanya akan banyak sekali acara – acara diadakan dan pastinya cukup menguras kantong Anda. Jika Anda memiliki budget yang sangat terbatas, jangan paksakan diri Anda untuk liburan pada periode ini. Bersabarlah untuk berlibur setelah Liburan Natal dan Tahun Baru selesai, biasanya harga – harga akan kembali normal.

TEMPAT TUJUAN WISATA
Mengapa tempat tujuan wisata menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2022? Banyaknya destinasi – destinasi yang menarik tentu saja membuat kita bingung dalam memilih tempat yang akan dikunjungi pada libur Natal dan Tahun Baru nanti. Lakukan survey yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis liburan yang Anda harapkan. Jika Anda menyukai Laut, Anda dapat memilih tempat seperti Maldives, Santorini, Bali, Raja Ampat atau tempat – tempat lain yang memiliki pemandangan laut yang indah. Jika Anda menyukai wisata belanja, Anda dapat memilih Jepang, Thailand, Singapura, ataupun negara lain di Eropa dan Amerika. Sesuaikan tempat tujuan Anda dengan kebutuhan dan budget Anda.

AKOMODASI
Mengapa akomodasi menjadi salah satu yang harus dipersiapkan untuk menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2022? Jika Anda sudah menentukan waktu dan tempat serta sudah memiliki waktunya, Ini saat yang tepat untuk mulai mempersiapkan akomodasi Anda di tempat tujuan. Hotel, transportasi bahkan biaya – biaya lainnya harus Anda persiapkan. Pilihlah Hotel yang letaknya dekat dengan tujuan – tujuan wisata yang ingin Anda kunjungi karena biasanya tempat wisata akan dipenuhi dengan banyak orang yang menyebabkan akses transportasi akan sangat padat. Jangan buang waktu Anda terlalu banyak di perjalanan. Pilihlah hotel yang murah tetapi nyaman, Ingat bahwa jika Anda ingin liburan maka hotel hanya akan digunakan untuk beristirahat. Namun Jika Anda memang merencanakan liburan di suatu Hotel / resort mewah dan ingin menikmati fasilitasnya pilihlah Hotel yang memiliki fasilitas yang lengkap.

Untuk merayakan liburan akhir pekan, dan terutama menyambut tahun baru 2021 ada banyak pilihan wisata aman. Tahukah kamu, sekalipun musim hujan banyak tempat wisata pantai aman, banyak pula tempat wisata pegunungan yang aman, dan tempat lainnya.


Ingin tahun tempat wisata yang favorit perayaan malam tahun baru tahun 2021 ini silahkan plih (klik) dari berbagai infomasi di bawah ini 








Berikut ini Obyek Wisata Dan Hotel Yang Menyediakan Acara Malam Penggantian Tahun Baru 2021, antara lain:

1. Jakarta

Bagi anak Jakarta, mencari tempat untuk merayakan malam tahun baru sangat mudah. Titik paling ikonik tentunya adalah bundaran HI. Khusus malam tahun baru, jalan Thamrin – Sudirman dijadikan kawasan bebas kendaraan bermotor. Di sinilah ribuan warga bisa tumpah ruah memadati jantung ibukota.
Sekedar untuk menikmati keramaian dan melihat pesta kembang api. Belum diketahui pasti apakah tahun ini pemprov DKI Jakarta akan kembali memusatkan penyelenggaraan tahun baru di bundaran HI. Tahun lalu, di bundaran HI tidak ada panggung hiburan.
Kawasan Taman Impian Jaya Ancol lah yang dijadikan pusat perayaan tahun baru oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Biasanya, kemeriahan kemeriahan sudah bisa dirasakan sejak sore hari. Dimulai dengan parade kostum dan budaya dari Bundaran Pantai Timur (Pizza Hut) hingga ke Pantai Lagoon.
Begitu malam menjelang, berbagai musisi, band maupun penyanyi dangdut akan tampil di panggung Pantai Carnaval. Tepat pukul 00.00, kamu bisa menikmati cantiknya pesta kembang api yang ditembakkan dari tengah laut. Tahun lalu, pesta kembang api di Ancol berlangsung selama 15 menit dan diiringi lantunan musik.

Kalau kamu berencana menghabiskan malam tahun baru di Ancol, siapkan budgetsetidaknya Rp20.000 untuk tiket masuk per orang. Kalau kamu membawa kendaraan, akan ada biaya tiket tambahan Rp15.000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil. Kamu juga bisa ke Ancol naik TransJakarta karena khusus malam tahun baru, TransJakarta beroperasi 24 jam.
Jika ingin menginap, hotel-hotel yang ada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol mungkin sudah penuh. Namun jangan khawatir. Anda masih bisa mencoba hotel di sekitarnya. Seperti di daerah Mangga Dua, Gunung Sahari, Kemayoran, dsb. Berikut daftar hotel yang ada di sekitar Taman Impian Jaya Ancol.
Pesta kembang api juga bisa kamu nikmati dengan mengunjungi beberapa mal-mal yang ada di Jakarta. Dua mal yang rutin menggelar pesta kembang api setiap tahunnya adalah La Piazza – Summarecon Mal Kelapa Gading dan Central Park Mall Jakarta.
Pesta pergantian tahun baru di La Piazza biasanya menghadirkan artis papan atas sebelum countdown dan DJ setelah countdown. Acara tertutup untuk yang membeli tiket saja. Namun kembang api tetap bisa terlihat dari luar mal. Mau menginap? Berikut hotel di sekitar Mal Kelapa Gading dan hotel di sekitar Central Park.
Kalau mau yang unik dan beda, kamu harus ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sini, kamu bisa menghabiskan malam pergantian tahun dengan melihat pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Lokasinya di Panggung Candi Bentar.
Selain itu juga ada pertunjukan campur sari dan hiburan musik gambang kromong. Merakyat dan tradisional banget! Tiket masuk ke TMII sangat murah, Rp 10.000 per orang. Jika kamu membawa mobil, tiketnya Rp 10.000,- sementara untuk motor Rp6.000.
Kalau kamu bukan tipe yang suka keramaian dan kebetulan punya budget lebih, coba deh merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu. Menginaplah 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam di Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulai Tidung, Pulau Pari atau Pulang Pramuka.

Ajak teman atau keluarga menghabiskan malam terakhir di tahun 2016 denganbarbecue serta main kembang api. Lalu sambut matahari terbit pertama di tahun 2021 bersama orang-orang yang kamu sayangi. Pasti akan sangat mengesankan. Kamu juga bisa snorkeling, naik kano atau naik glass bottom boat untuk menghabiskan hari pertama di tahun 2021.
Budget yang harus kamu siapkan untuk merayakan tahun baru di Kepulauan Seribu berkisar dari Rp 900.000 hingga 3 juta rupiah. Tergantung pulau yang kamu tuju, berapa lama menginap dan penginapan apa yang kamu pilih.

2. Bali

Kota yang satu ini memang sudah tidak asing dan paling sering dijadikan lokasi untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Tidak hanya penduduk lokal, tapi para wisatawan mancanegara juga banyak yang berkunjung ke Bali demi merasakan pergantian tahun di pulau dewata yang tidak pernah hentinya memberikan kita kejutan. Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan di Bali inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk kembali lagi ke sana.
Tidak hanya berbicara mengenai tempat wisatanya saja, tetapi wisata kuliner pun juga menjadi salah satu alasan pengunjung untuk kembali kesana lagi. Tempat ini selalu dijadikan destinasi paling favorit untuk menyaksikan perayaan tahun baru yang berada di Kota ini. Penasaran apa saja yang bisa kamu lakukan jika sedang berada di Bali?
Biasanya sebelum mempersiapkan liburan tahun baru, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para pengunjung. Belum lagi ditambah banyaknya penginapan yang unik dan baru berada di Bali. Akan tetapi, sebelum kita melihat penginapan yang berada di Bali, sebaiknya ketahui terlebih dahulu aktivitas yang wajib kamu lakukan sambil menunggu perayaan tahun baru nanti.

Glamping di Bali
glamping bali


Pulau Bali menawarkan berbagai tempat wisata air favorit yang selalu diburu oleh para wisatawan. Tentukan dulu tempat kamu menginap bersama keluarga atau teman-teman nanti. Kamu juga bisa mencoba untuk bermalam di Sandat Glamping Tents. Selain tempatnya seru, kamu juga bisa merasakan pengalaman baru. Glamping atau yang biasa disebut dengan Glamour Camping ini memang tengah menjadi tren liburan di kalangan para wisatawan.

Mengunjungi Tempat Wisata dan Kuliner

Sumber image: tourhematdibali.com


Berbagai permainan atau wahana air juga tersedia di Bali, misalnya saja parasiling,banana boat, flying fish, jetski, sea walker, dan diving. Spot yang paling terkenal di Bali untuk menghabiskan waktu bermain wahana air adalah Tanjung Benoa. Kalau sudah puas bermain air di Tanjung Benoa, kamu bisa berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat seru yang ditawarkan di sana. Mulai dari restoran seru yang menawarkan makan siang hingga makan malam bersama singa di Tsavo Lion Restoran. Dijamin, pengalaman makan siang dan makan malam yang tak biasa ini tidak akan bisa kamu lupakan sampai seumur hidup kamu.

Berkunjung ke Air Terjunnya


Sumber image: pinterest.com


Sudah puas memanjakan perut, kini saatnya melihat pemandangan indah di sekitar Bali. Kamu bisa mampir ke Tibumana Waterfall. Air terjun yang berlokasi di Susut Bangli ini merupakan salah satu tempat yang paling dicari oleh para wisatawan jika berkunjung ke Bali. Tempat ini menjadi sangat fenomenal dan paling diminati karena wisata air ini memiliki dua air terjun kembar yang indah dan memiliki tinggi kurang lebih sekitar 20 meter. Seru sekali bukan? Bayangkan saja, sebelum tahun baru tiba kamu sudah bermain air bersama teman atau keluarga tercinta di tempat ini.
Makan sudah, bermain wisata air sudah, tentunya masih banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika tengah berada di Bali. Jika sudah tiba waktunya malam pergantian tahun, tentunya tidak mudah untuk kamu yang baru pertama kali merayakan tahun baru di Bali. Selain akan ada banyak sekali tempat yang menawarkan perayaan kembang api dan pesta pantai, kamu juga harus memilih dengan sangat teliti, tempat yang mana yang pas dan cocok untuk kamu jadikan tempat asyik sambil menunggu perayaan tahun berganti.

Menyaksikan Kembang Api

new-years-fireworks-kuta-bali-1


Kalau kamu hanya ingin menonton kembang api saja, sebaiknya kamu bisa mengunjungi pantai yang berada di Bali seperti pantai Kuta, Seminyak atau Pantai Jimbaran. Kedua tempat inilah yang selalu menjadi tempat terbaik sepanjang tahun untuk bisa menyaksikan perayaan kembang api.
Bagaimana? sekarang sudah punya ide untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru di Bali kan. Jika sudah memiliki rencana untuk terbang kesana, jangan lupa untuk mengecek harga tiket pesawat ke Bali dan promo hotel tahun baru di Reservasi.com.

3. Yogyakarta

candi prambanan
Tak perlu bingung untuk menentukan liburan akhir tahun. Tempat wisata di dalam negeri pun masih sangat menarik untuk merayakan tahun baru tanpa harus bayar mahal ke luar negeri. Salah satu kota yang paling asyik untuk merayakan tahun baru 2021 adalah Yogyakarta.
Kenapa Yogyakarta? Kota budaya yang satu ini menawarkan liburan tahun baru yang berbeda dengan kota-kota lainnya. Yogyakarta bukan hanya sekadar kota kenangan, tetapi juga kota yang memiliki kekuatan magis yang membuat siapapun ingin kembali merasakan kenangan setiap kali bertandang.

Wisata Tahun Baru di Kota Yogyakarta

Umumnya pada saat malam tahun baru, ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api. Salah satu tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga atau bersama teman-teman adalah di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Tempatnya tentu saja lebih besar jika dibandingkan dengan alun-alun Selatan. Aksesnya pun bahkan terbilang lebih dekat dengan jalan Malioboro.
Pergantian tahun dapat dinikmati dengan sederhana tapi bermakna. Esensi dari perayaan tahun baru sendiri sebenarnya adalah cukup untuk merayakannya bersama keluarga, sahabat, atau pasangan.
Terlebih lagi bersama pasangan, keromantisan dan kebersamaan tidak perlu dirayakan secara mahal misalnya dengan cara candle light dinner. Cukup melewati malam tahun baru bersama dengan duduk lesehan di angkringan sambil menikmati sego kucing atau wedang ronde yang membuat hangat tubuh di malam yang dingin. Istimewa!

Liburan Akhir Tahun Antimainstream di Yogyakarta

hutan-pinus-bantul
Jika ingin merasakan aktivitas yang sedikit berbeda dengan yang selama ini kamu lakukan di pusat kota, saatnya pergi ke pinggir kota Yogyakarta seperti berkemah di sekitar hutan pinus Bantul atau hutan Pinus Mangunan. Selain bisa mendirikan tenda, kamu juga bisa menikmati sajian alam dengan pemandangan indah sejuta bintang di langit Yogyakarta.
Hutan Pinus Mangunan termasuk salah satu tempat paling favorit anak muda untuk swa foto karena banyak spot menarik untuk berfoto.
Salah satu sudut kota yang sedikit mendaki dengan suasana pedesaan yang dingin adalah Kaliurang. Kawasan Kaliurang sudah lumrah dijadikan tempat liburan akhir tahun dengan menyewa villa bersama keluarga kemudian melakukan aktivitas malam tahun baru dengan bakar bakar sate atau ayam.
Pagi harinya sangat cocok untuk memulai hari baru dengan berjalan-jalan menyusuri sudut-sudut desa sambil menghirup udara yang segar.
sunrise gunung merbabu
Meskipun bukan di Yogyakarta, mendaki Merbabu sudah merupakan salah satu paket wisata liburan akhir tahun yang bisa kamu pertimbangkan. Seperti halnya para pendaki gunung yang ingin bertadabur alam, kamu juga bisa menghabiskan waktu menikmati detik-detik pergantian tahun dengan mendaki gunung Merbabu.
Salah satu yang ditunggu memang bukan pesta kembang api saat malam hari, melainkan cahaya baru di awal tahun yang akan membuat seluruh badan merasakan kehangatan seperti energi baru di tahun baru.
pantai lumbung yogyakarta
Jika pantai Parangtritis sudah dianggap terlalu mainstream, saatnya kamu menyusuri pantai-pantai romantis lain di daerah Gunung Kidul. Salah satunya adalah pantai Watu Lumbung. Seperti Tanjung Layar di Bayah, Banten, pantai Watu Lumbung di sebelah Barat Wedi Ombho ini memiliki batu karang di tengah lautan.
Bagaimana, sudah dapat ide buat liburan tahun baru di Yogyakarta? Saatnya dari sekarang berburu tiket promo tahun baru dan mencari promo hotel malam tahun baru. Pastikan perayaan tahun baru kali ini cukup di Indonesia saja, tepatnya ya di Yogyakarta. Jangan ragu untuk reservasi tiket pesawat murah dan booking hotelnya hanya di Reservasi.com.

4. Bandung

Mungkin sebagian dari kamu sudah mulai menyusun rencana tahun baru, ada yang berencana tahun baru ke Bali, Semarang, Yogyakarta,  atau mungkin berencana ke Bandung.
Kamu yang berencana ke Bandung, mungkin dari sekarang sudah bisa mulai mencari transportasi dan akomodasi untuk menuju kota kembang, Bandung. karena jika mencari tiket pesawat dan hotel menjelang hari tahun baru 2021, biasanya harganya sudah melonjak naik.
Ketika sudah mendapatkan tiket pesawat dan hotel yang terbaik, saatnya menentukan lokasi terbaik untuk merayakan tahun baru 2021, cek daftar tempat wisata di Bandung untuk perayaan tahun baru 2021.


Alun-alun kota Bandung
Alun-alun kota Bandung memang selalu diburu oleh warga lokal ataupun warga dari luar Bandung untuk merayakan tahun baru 2021.
Di sini kamu bisa melihat pesta kembang api, menikmati kuliner khas Bandung, serta menyaksikan berbagai hiburan gratis.
Pada saat malam tahun baru 2021, kawasan ini bakal dipenuhi banyak kendaraan, sehingga jalanan sering macet.
Kemacetan akan berimbas ke jalanan di sekitar alun-alun seperti Jalan Dalem Kaum, Jalan Asia Afrika, Jalan Karapitan, Jalan Dewi Sartika, Lengkong Kecil, Lengkong Besar, dan Burangrang akan menjadi lebih ramai dan macet daripada hari-hari biasanya.


Kawasan Dago
Ingin mendapatkan liburan tahun baru 2021 yang lengkap mulai dari berwisata alam, belanja, kuliner dan hiburan? Kawasan Dago adalah pilihan yang tepat.
Pada pergantian tahun, kawasan Dago akan ramai sekali di sini juga akan hadir banyak komunitas kreatif yang memeriahkan perayaan tahun baru 2021  Kawasan Dago juga biasanya memberlakukan car free night yang akan membuat suasana di Dago menjadi nyaman dan seru tanpa kendaraan roda empat dan dua.

Berburu promo dan diskon di Factory Outlet

Tempat Wisata di Bandung Utara ini, tepatnya di kawan Dago memang banyak menghadirkan factory outlet ternama di sini kamu bisa menemukan berbagai factory outlet, seperti Runway,Rafles,Gossip, Glamuor, Level, Blossom, serta berbagai factory outlet lainnya.
Biasanya beberapa factory outlet yang ada di sini sering mengadakan promo dan diskon. Selagi menghabiskan malam tahun baru, tak ada salahnya mendapatkan baju, celana, sepatu baru buat dipakai di tahun 2021 nanti.

bukit bintang bandung


Bukit Bintang

Selagi berada di kawasan Dago kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Bukit Bintang.
Bukit ini sangat tersohor di kalangan anak muda dan sangat indah saat malam hari. Di malam hari saat tahun baru 2021 pemandangan di daerah bukit bintang akan sangat indah dipenuhi kembang api dan bertabur bintang.

Lokasi dan Akses Menuju Bukit Bintang

Lokasinya tak jauh dari pusat kota tepatnya di Jalan Bukit Dago Timur Bandung, membuat  bukit bintang jadi incaran wisatawan.
Untuk rute menuju ke Bukit Bintang, carilah jalur menuju ke Dago Pakar. Dari Dago Pakar lalu menuju Stone Café, lalu dari stone café kemudian belok ke arah kanan, maka sampailah kamu ke Bukit Bintang, Bandung.
Harga tiket masuk ke Bukit Bintang terbilang murah karena kurang dari Rp5.000

Lapangan Tegalega

Lapangan Tegalega seakan tak pernah sepi dari hiruk-pikuk masyarakat. Setiap malam tahun, banyak masyarakat tumpah ruah di sini. Lapangan Tegalega memiliki luas sekitar 16 hektar dan di lapangan ini terdapat lapangan bersejarah yaitu monumen Bandung Lautan Api.
Lapangan Tegalega tak hanya menghadirkan cerita sejarah, namun berbagai macam jajanan khas Bandung, hiburan, pasar malam, pasar kaget, serta pesta kembang api juga akan menemani kamu saat menghabiskan malam pergantian tahun.

5. Semarang

Meski bukanlah sebuah perayaan tahun baru yang jor-joran, tapi Semarang mampu merayakan setiap momen pergantian tahun dengan berbagai keunikannya. Di kota ini, kamu bisa menemukan kekayaan objek wisata bernilai historis, seperti kota tua terbaik di Indonesia, dan wisata kuliner yang patut diunggulkan. Kehidupan kota lumpia ini nampak bersahaja, tapi jangan salah, dalam hal perayaan dan pesta-pesta besar, seringkali antusiasme masyarakat Semarang menjadi juaranya.

lawang sewu semarang


Ada beberapa titik populer di Kota Semarang yang menjadi favorit masyarakat dan pengunjung wisatawan untuk menantikan detik-detik pergantian tahun di malam tahun baru. Mari kenali lokasi-lokasinya berikut ini.

Simpang Lima Semarang

Titik di paru-paru Kota Semarang ini selalu dipenuhi para pemuda dan pemudi di malam tahun baru. Jalanan di sekitar lokasi Simpang Lima biasanya mulai ditutup sejak jam 6 sore dan para pengunjung pun mulai berdatangan memadati area Simpang Lima, untuk menyaksikan pesta kembang api.

simpang lima semarang

Untuk menjaga keamanan, ratusan petugas keamanan dikerahkan, dan posko-posko yang dilengkapi CCTV pun turut ditempatkan di berbagai titik keramaian. Beberapa jalan utama juga ditutup dan dialihkan ke jalan lainnya. Penjagaan dan pengamanan di sini amat diperhatikan, agar para pengunjung terutama wisatawan, selalu merasa nyaman untuk kembali merayakannya di Semarang.

Gombel, Rinjani, Daerah Semarang Atas
Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan atraksi kembang api dari ketinggian, datang saja ke tempat-tempat yang dikenal sebagai daerah Semarang Atas. Selain bisa menikmati pemandangan Kota Semarang berhiaskan temaram lampu-lampunya yang romantis, kamu juga bisa menikmati sajian live music dan atraksi kembang api di beberapa tempat seperti Rinjani View dan Restoran Alam Indah.
semarang atas


Lokasi berhawa sejuk ini cocok buat kamu kalau tidak terlalu suka keramaian. Kamu bisa melewati malam tahun baru yang romantis bersama pasangan di tempat ini, dan sambutlah matahari pertama di tahun yang baru, dengan sinar emasnya menyinari kalian berdua, di atas Kota Semarang.

Pantai Marina

Atau kamu mengincar tempat terbuka lainnya yang masih bernuansa alam? Datang dan ramaikanlah Pantai Marina. Di pantai ini ada atraksi ribuan kembang api berdurasi selama 30 menit, yang telah dinobatkan sebagai pesta kembang api terbesar di Semarang.

pesta kembang api

Acara malam tahun baru di Pantai Marina dipusatkan di Beach Front Marina Convention Centre (MCC) Semarang. Di sini, kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan menarik dan beragam acara hiburan yang digelar semalaman suntuk.

Romantisme Kampung Laut

Kampung Laut adalah sebuah rumah makan apung dan pemancingan bernuansa alami. Menu yang ditawarkan salah satu rumah makan paling laris di Semarang ini tak lain adalah hidangan laut. Lokasinya di Puri Maerokoco, Jalan Anjasmoro Tawang Mas. Kamu perlu reservasi tempat dulu sebelum datang, sebab tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama di malam tahun baru.

kampung laut
)

Pilihan yang tepat kalau kamu dan keluargamu atau teman-teman ingin melewatkan detik-detik pergantian tahun sambil menikmati hidangan lezat dalam nuansa keakraban dan kehangatan, sebelum bersama-sama menyaksikan keindahan bunga-bunga api yang memecah keheningan langit malam dan menjadi puncak kebahagiaan di penghujung tahun.

Nol Kilometer

Nol Kilometer Kota Semarang menjadi titik perayaan tahun baru yang meriah. Artis-artis lokal hadir di sini untuk menghibur ribuan masyarakat yang antusias menunggu detik-detik pergantian tahun. Acara pamungkasnya diisi oleh band papan atas yang tampil dengan lagu-lagu andalannya, mengawali menit-menit menjelang countdown. Barulah diikuti pesta kembang api nan memukau mewarnai langit Kota Semarang, tepat pukul 00.00 Wib. Suara­­ sorak-sorai dan riuh terompet pun serentak menggelegar.
Hotel-hotel di Semarang juga berlomba-lomba menawarkan paket promo tahun baru dengan menggelar beragam acara dan penawaran menarik. Misalnya jamuan makan istimewa yang dihidangkan secara unik, pool party, penampilan musik, bahkan acara sulap yang dibarengi ramalan peruntungan di tahun baru.
Tema-temanya pun menarik, seperti bajak laut ala Pantai Karibia, tema sirkus dengan dekorasi ala karnaval, dan kostum-kostum lucu para pegawai hotelnya. Nah, yang ini juga seru, di Hotel Novotel kamu bisa ikutan Forbidden Party di Club 123, yaitu pesta kostum yang sasaran tamunya di atas usia 18 tahun.
Sementara di Taman Budaya Raden Saleh digelar festival seni seperti Wayang Kulit, Semarang Dance Competition, Pertunjukan Musik, dan Musikalisasi Puisi. Di sini diadakan ritual Prosesi Purna Buka Warsa, yaitu ritual tutup tahun dan buka tahun, yang berupa doa masyarakat untuk kesejahteraan Kota Semarang di tahun baru. Acara penutupnya rahasia, supaya kamu bisa mencari tahu sendiri keunikannya, saat memutuskan pergi liburan akhir tahun di Semarang.

6. Gili Trawangan, Lombok

Berencana menghabiskan malam pergantian tahun di tempat yang istimewa? Gili Trawangan bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk kamu coba. Terletak di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Gili Trawangan adalah salah satu pulau kecil di Lombok dengan segala pesonanya yang kerap kali dijuluki sebagai “Party Island” oleh para wisatawan.
Pantainya yang indah, hamparan pasirnya yang berwarna putih, air lautnya yang jernih, serta udaranya yang segar, menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Gili Trawangan. Tak terkecuali pada malam pergantian tahun baru. Gili Trawangan yang mempesona seolah-olah berubah menjadi spot pesta yang menawarkan berbagai kemeriahan dan keseruan.
Tak hanya diramaikan oleh wisatawan lokal, wisatawan  mancanegara pun berbondong-bondong datang ke Gili Trawangan untuk merayakan kemeriahan malam pergantian tahun baru. Keramaian dan keseruan ini tidak terlepas dari berbagai acara pesta yang disusun dan diselenggarakan oleh kelab-kelab malam yang ada di Gili Trawangan.

Kamu perlu melipir ke sebelah barat Pulau Gili Trawangan untuk bisa ikut merayakan meriahnya malam pergantian baru. Kamu akan disambut dengan berbagai sajian hiburan yang menarik. Pertunjukan musik yang spektakuler, berdansa dan berjoget di lantai berpasir, pertunjukan fire dance atau tarian api yang menakjubkan, hingga acara puncak berupa pertunjukan kembang api yang meriah.
Meskipun memiliki acara yang semarak dan penuh sesak oleh pengunjung, Gili Trawangan dapat dikatakan memiliki sistem keamanan yang cukup ketat karena berlandaskan pada hukum adat setempat. Jika terjadi pencurian atau tindakan kejahatan, pelakunya dipastikan akan dikenakan hukuman adat berupa pengarakan keliling pulau serta tidak diizinkan untuk menginjakkan kaki lagi di Gili Trawangan. 

Nah, selepas malam perayaan tahun baru, jangan terburu-buru untuk pulang. Pasalnya, Gili Trawangan memiliki spot-spot istimewa lain yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar melepas penat dari segala huru-hara semarak perayaan tahun baru. Kamu juga bisa sekalian liburan tahun baru dengan menjelajah Lombok.
Kamu bisa menuju ke sisi timur Gili Trawangan untuk menyaksikan sunrise yang indah. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Mawun yang belum banyak diketahui para wisatawan. Suasananya yang sepi dan tenang dan hamparan pasirnya yang putih menjadi daya tarik dari Pantai Mawun. Namun, kamu harus tetap berhati-hati saat berkunjung ke pantai ini karena ombaknya cukup besar dan belum ada penjaga pantai.
Kamu disarankan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik ketika memiliki rencana untuk merayakan malam pergantian tahun di Gili Trawangan, Lombok. Tiket pesawat dan hotel adalah dua hal yang wajib kamu pesan dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga murah sesuai budget dan letak hotel yang strategis.
Biasanya, dua bulan sebelum acara perayaan pergantian tahun, hotel-hotel di Lombok terutama di wilayah yang dekat dengan Gili Trawangan telah penuh dipesan oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Tak jarang pula, wisatawan yang tidak mendapatkan hotel akhirnya harus menginap di rumah warga atau tidur dengan tenda di pinggir pantai.


PANTAI ANYER DI BANTEN

BANTEN.  PANTAI ANYER DI BANTEN. Sebagaimana sudah disebutkan di atas, pantai anyer menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Banten. Pantai ini selalu ramai oleh wisatawan, baik lokal maupun di luar Banten. Apalagi kalau akhir pekan, pantai ini dipadati keluarga yang ingin menghabiskan liburan untuk bermain di pantai ini. Biasanya warga Jakarta juga menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata di Banten bersama keluarga atau rekan kantor untuk menghilangkan penat selama bekerja seminggu penuh. Pantai ini lokasinya berada di Kecamatan Anyer, Kabupatan Serang, Banten. Pasir pantai Anyer bersih dan putih serta halus, snagat wajar kalau wisatawan menjadikan pantai ini tujuan liburan mereka. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Apabila ingin menginap, tidak perlu kuatir karena banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer.


PANTAI TANJUNG LESUNG DI BANTEN. Objek wisata di Banten yang tidak kalau menariknya adalah Tanung Lesung. Tanjung Lesung juga memiliki keindahan pantai yang mempesona, pasir pantainya yang putih bersih pasti akan membuat kita betah berlama-lama disini.Lokasinya berjarak sekitar 108 km dari Jakarta. Anda bisa bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di villa yang sangat bagus. Apabila anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar.Pantai ini adalah salah satu yang terbaik di Barat pulau Jawa, lokasinya ada di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas lengkap dan merupakan tempat wisata di Banten yang harus anda kunjungi.

PANTAI SAWARNA DI BANTEN. Pantai di Banten selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Pantai Sawarna. Pantai ini memang masih tergolong baru di eksploitasi dan belum seterkenal pantai Anyer, namun keindahan pantai ini juga snagat menawan. Lokasi pantai Sawarna ada di Sawarna, Pantai Sawarna berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung.Biasanya wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar. Sekarang ini sudah banyak penginapan di sekitar Pantai Sawarna jadi sangat mudah berwisata di Pantai Sawarna.

PULAU UMANG DI BANTEN. Pulau Umang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bante n yang tidak boleh anda Lewatkan. Lokasinya ada berdekatan dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta.Pulau ini memiliki luas 5 Ha dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta.

Liburan di pulau pasti sangat menyenangkan, ada banyak fasilitas yang dimiliki Pulau Umang, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Apabila anda berminat untuk berwisata ke Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya.

PULAU DUA / PULAU BURUNG DI BANTEN
Tempat wisata selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah pulau dua atau pulau Burung. Pulau ini menjadi favorit wisatawan karena cagar alam seluas 30 Ha ini menjadi rumah bagi banyak burung. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

PANTAI BAGEDUR DI BANTEN. Masih ada lagi pantai di Banten yang menarik untuk dikunjungi, yaitu pantai Bagedur. Pantai ini lokasinya berjarak sekitar 115 KM dari Rangkasbitung, tepatnya di Kecamatan Malingping. Bagi anda yang bukan penduduk Banten, mungkin baru pertama kali mendengar nama Pantai Bagedur, wajar saja memang Pantai Bagedur tidak begitu populer, namun bagi warga Banten, tempat ini sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih asri. Dengan panjang pantai sekitar 10 KM, lebar sekitar 50 meter, dan pasirnya yang coklat, Pantai Bagedur mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Karena pasirnya yang berkarakter padat, pasir pantai ini dapat dilewati oleh kendaraan bermotor.

PANTAI CARITA DI BANTEN. Pantai Carita memiliki pasir putih dan air yang sangat jernih, sehingga membuat pantai ini menjadi salah satu yang terbaik di Banten. Lokasinya di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Di pantai ini anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita adalah ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti selayaknya kawasan wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi anda tidak perlu kuatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitar 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita adalah tempat wisata di sekitar Jakarta yang cocok untuk anda kunjungi dikala bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.

PANTAI KARANG BOLONG DI BANTEN. Satu lagi pantai unik yang tidak boleh anda lewatkan, pantai karang bolong. Dinamai pantai karang bolong karena ada bagian seperti terowongan di pantai ini, lihat di gambar sebelah. Letaknya 40 KM dari kota Serang, Banten, dekat dengan Pantai Anyer. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di Pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan anda. Menurut saya Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai yang paling unik di Banten.

PANTAI CIPUTIH DI PANDEGLANG BANTEN Sesuai dengan namanya, pantai Ciputih memiliki pasir pantai yang putih bersih, tidak kalau dengan pantai-pantai di Bali. Pantai yang masih alami ini terletak di kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Banten. Jaraknya tidak begitu jauh, kurang lebih 112 KM dari pusat kota Serang. Jika kalian datang dari Jakarta, kalian butuh sekitar 6 jam untuk mencapai Pantai Ciputih ini. Lokasi tepatnya pantai ini ada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk bisa menikmati Pantai Ciputih ini anda bisa melakukan perjalanan melewati rute Serang – Pandeglang – Panimbang – Cibaliung – Sumur.

PANTAI CIHARA LEBAK DI BANTEN. Selanjutnya, anda juga dapat menikmati keindahan pantai CIhara yang letaknya tidak jauh dari kota Malingping, di tempat ini anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang cukup memukau dan di pantai ini anda juga dapat melihat banyaknya karang yang berpadu deburan ombak laut menjadikan tempat ini tidak boleh di lewatkan untuk di kunjungi.

Di sepanjang jalan menuju pantai ini juga anda dapat menikmati pemandangan hamparan sawah yang luas sehingga suasana alami pedesaan anda dapat rasakan di sana, tetapi kelemahannya adalah sedikitnya pasir pantai yang ada sehingga kebanyakan wisatawan yang datang hanya kebanyakan menikmati panorama pemandangan alamnya saja.

PANTAI DAN PELABUHAN MERAK DI BANTEN. Di Pelabuhan merak anda dapat melihat aktivitas hilir mudik kapal, selain itu pemandangannya juga sangat menawan, apalagi kalau sore menjelang malam hari. Selain itu, di dekat pantai pelabuhan ratu juga terdapat sebuah pulau yang menarik untuk kita kunjungi, Pulorida, yang lokasinya tidak jauh dari pantai, anda bisa menggunakan perahu yang dapat di sewa untuk menuju tempat ini, tetapi anda diyakinkan tidak akan menyesal menuju tempat ini karena dukungan panorama indah yang anda dapat nikmati di tempat ini.

PANTAI KARANG TARAJE DI BANTEN. Pantai karang taraje menjadi destinasi selanjutnya. Di tempat ini karangnya cukup luas dan terdapat tangga – tangga yang anda dapat lalui untuk lebih dekat dengan deburan ombak, tetapi anda harus tetap waspada karena deburan ombaknya bisa menghempaskan kita.

Anda juga dapat berfoto ria di pantai ini, pemandangannya sangat menakjubkan di pantai ini, jadi sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Anda tertarik liburan ke pantai Taraje?

PANTAI KARANGSONGSONG CIBOBOS DI BANTEN. Pantai Karangsongsong Cibobos menjadi destinasi wisata selanjutnya, lokasinya ada di Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten. Disini anda dapat melihat pemandangan pasir pantai dan karang yang cukup indah, selain itu disana anda juga dapat melihat banyak sekali tanaman Jati dan Mahoni, dan tempat ini sangat dilindungi sehingga menjadi wilayah tanaman hutan yang dilindungi. Untuk menuju pantai ini anda bisa lewat jalur serang dan sukabumi.

PANTAI MABAK DI BANTEN. Pantai Mabak memberikan pemandangan yang sangat indah, apalagi menjelang sore hari, anda bisa melihat keindahan sunset disini.Di depan pantai ini anda dapat melihat pulau kecil yang bernama “Pulau Merak Kecil” sehingga cukup indah di lihat dari sepanjang pantai. Namun agak disayangkan karena disana adanya kekurangan pihak Pemerintah untuk mengelola pulau merak kecil karena sangat disayangkan pulau ini tidak terawat karena ulah manusia karena ketidak sadaran membuang sampah pada tempatnya.

PAMANDIAN AIR PANAS CISOLONG DI BANTEN. Banten juga punya tempat pemandian air panas lo. Lokasinya ada di Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang – Banten.Pemandian air panas Cisolong ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten. Pemandian ini banyak dikunjungi para pelancong khususnya pada waktu libur. Nah, bila kita mau berkunjung kepemandian ini tidaklah sulit. Sebab lokasinya tidak jauh dari kota Pandeglang sekitar 10 KM. Bila  dari jalan raya Pandeglang – Labuan sekitar 5 KM.

Demikian informasi tentang Tempat Wisata Favorit Untuk Perayaan Malam Tahun Baru 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


= Baca Juga =



3 Comments

  1. Makasih, infonya. Mau merayakan pengantian tahun baru di mana? Kalau saya sih pilih di Pantai. Seruuuuuuuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  2. Bandung memang keren, gemana kalau kita-kita merayakan malam tahun baru di Kota Bandung

    ReplyDelete
  3. Banten Juga Keren, Bahkan lebih berkesan merayakan malam tahun baru di Pantai Anyer, Pantai Carita atau juga bisa di Pantai Tanjung Lesung

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post