PERINGKAT PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA 2015 VERSI KEMENRISTEK

Posted by SERBA SERBI GURU on Saturday, August 22, 2015




Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengumumkan pemeringkatan perguruan tinggi untuk tahun 2015.

Berdasarkan laman Kemenristek Dikti Kopertis XII, yang dikutip Jumat, di Jakarta menyebutkan penilaian didasarkan pada empat kriteria, yaitu kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Menurut Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemristekdikti Patdono Suwignjo, data yang digunakan adalah data yang dilaporkan seluruh universitas di Indonesia di pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) dan data eksternal seperti BAN PT dan Scopus per Desember 2014.

Klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia disusun sebagai upaya mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan akademik dan non-akademik.

Secara keseluruhan, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi nomor satu sebagai pemegang gelar perguruan tinggi terbaik yang diikuti 10 perguruan tinggi lainnya. 

Yang menarik, terdapat tiga perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil menembus nominasi perguruan tinggi negeri (PTN) dalam pengumuman klaster pertama tahun ini yaitu: Universitas Gunadarma, Universitas Petra Surabaya dan Universitas Islam Indonesia.

Namun secara total dan keseluruhan 11 Perguruan Tinggi (PT) terbaik yang mendapatkan skor tertinggi yaitu, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, dan Universitas Hasanuddin.

Untuk kategori perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas Sumber Daya Manusia, diduduki IPB, selanjutnya UGM, ITB, Universitas Negeri Malang, UI, Universitas Negeri Makassar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Bengkulu.


Sementara pada kategori perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas manajemen secara berurutan adalah sebagai berikut, PENS-ITS (PTN), Universitas Gunadarma (PTS) , ITS (PTN), UGM (PTN), UI (PTN), ITB (PTN), IPB (PTN), Universitas Kristen Petra (PTS), Universitas Sebelas Maret (PTN), Universitas Islam Indonesia (PTS).


Selanjutnya, pada kategori perguruan terbaik berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi ditempati ITB, IPB, UI, UGM, UNPAD, UNHAS, UNS, Universitas Brawijaya, dan Undip.

Sedangkan pada bagian kedua perguruan tinggi berdasarkan kualitas kegiatan mahasiswa, secara berurutan adalah, UGM, ITS, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, UI, Unair, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan Undip.

Sumber: http://www.antaranews.com/





Blog, Updated at: 5:59 PM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB