JADWAL PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU (UKG) TAHUN 2015

Posted by SERBA SERBI GURU on Sunday, August 16, 2015



Guru yang belum bersertifikasi maupun yang sudah diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG). Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 akan digelar pada September 2015 dan diadakan setiap tahun.


Guru se-Indonesia akan dites, setelahnya para guru tersebut akan terlihat kemampuannya. Diharapkan para guru tidak menutupi kelemahannya, sehingga mereka dapat bisa meng-update kemampuannya melalui UKG ini. Berdasarkan program dirjen GTJ, UKG ini akan diadakan tiap tahun,

Keharusan guru mengikuti UKG tahunan, karena sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan. Dalam rencana itu diamanatkan bahwa kompetensi guru harus naik setiap tahunnya.

Untuk persiapan UKG, para guru harus melakukan penilaian diri terhadap penguasaan pelajaran yang dia mampu, kemudian menyiapkan soal-soal untuk penguatan hasil dari penilaian diri yang diisi secara online, lalu dianalisa oleh tim. Dari penilaian hasil UKG dan hasil pengerjaan soal oleh para guru, nantinya akan diperbandingkan dengan hasil nilai rapor online, evaluasi, dan analisa pengawas (Hasil Ujian).


Setelah mengetahui rekomendasi, akan ada tindak lanjut dari program kerja dinas, program kerja Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG), program kerja pengawas.

Insya Allah dalam waktu dekat penulis akan membagikan Jadwal Lengkap Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 dan Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015. Baik kisi-kisi untuk guru Kelas atau Guru SD/MI maupun Kisi-kisi untuk guru mata pelajaran. 




Blog, Updated at: 1:54 AM

1 comments:

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB