HATI-HATI, ADA RASKIN BERCAMPUR BERAS PLASTIK

Posted by SERBA SERBI GURU on Monday, May 25, 2015



Hati-Hati, Ada Raskin Bercampur Beras Plastik,. ternyata beras plastik yang selama ini diburu Pemerintah Kabupaten Karawang ditemukan warga Kecamatan Tempuran dan Cilebar bercampur dengan beras miskin (raskin).


Alhasil, raskin berkualitas rendah yang didistribusikan Bulog sejak Jumat (22/5), ditahan sementara oleh Maman Kadarisman, sekretaris Desa Pancakarya, Kecamatan Tempuran. 

"Pihak desa menahan sementara raskin dari Bulog Palumbonsari itu, karena sebelumnya saya dikontak TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) agar jangan dulu disebar ke masyarakat," kata Maman kepada Radar Karawang, Minggu (24/5).

Ia mengungkapkan, raskin tersebut rencananya didistribusikan Sabtu (23/5). Kepada Manan, Leo mengatakan, di Desa Sukaratu dan Mekarpohaci Kecamatan Cilebar, Karawang ada temuan bahwa raskin yang beredar di sana bercampur beras plastik. 
Dua jam sebelum didistribusikan, Maman dan perangkat desa pun memeriksa beras-beras dalam karung Bulog itu. "Hasilnya dalam campuran raskin yang bertumpuk menir tersebut ada butiran beras yang bentuknya sangat berbeda dan mencolok," ujarnya.

Dari bentuknya, kata Maman, campuran raskin sebanyak 4,1 ton itu ujungnya tidak lancip tapi tumpul. Sementara yang asli teksturnya oval. 

Untuk meyakinkan lagi, pihaknya membakar beras tersebut dan hasilnya mencengangkan. Beras itu berbau menyengat khas plastik dan mengembang seperti berondong jagung. 

"Jika beras asli dibakar akan hangus dan tidak ada perubahan karena padat. Namun beras yang ukurannya seperti varietas muncul ini, saat dibakar langsung berkretek dengan sengat baunya yang khas plastik," ungkapnya.

Ketua TKSK Kecamatan Tempuran Leo mengatakan, Bulog sempat berkilah jika beras berbentuk kristal itu merupakan beras fortifikasi atau premix vitamin yang dicampur dengan raskin. 
Namun, di Kecamatan Tempuran hanya empat desa yang raskinnya ada kandungan fortifikasi, dan diberi label fortifikasi dalam karung. "Keempat desa itu antara lain Lemahsubur, Ciparagejaya, Lemahkarya dan Jayanegara. Sementara Pancakarya tidak masuk program raskin fortifikasi," ungkapnya.

Berkaca dari infomasi tersebut bukan tidak mungkin Ada Raskin Bercampur Beras Plastik di daearah-daerah lainnya.




Blog, Updated at: 3:25 AM

1 comments:

  1. ini sudah beredar kemana-mana
    https://caraalamimemutihkankulit25.wordpress.com/2015/06/01/cara-alami-memutihkan-kulit/

    ReplyDelete

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB