GAJI KE 13 DAN KENAIKAN GAJI TAHUN 2015

Posted by SERBA SERBI GURU on Thursday, May 21, 2015





Kabar gemberra bagi para PNS karena pemerintah Jokowi JK akhirnya merealisasikan janji untuk memberikan gaji ke 13 bagi PNS, POLRI, TNI dan Pensiunan serta pejabat negara. Kepastian tersebut setelah pemerintah menerbitkan PP atau Peraturan Pemerintah No Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan Bulan Ketiga Belas Dalam Tahun Anggaran 2015 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Dan Penerima Pensiun /Tunjangan.



Berdasarkan PP atau Peraturan Pemerintah No 38 TAHUN 2015 penerima gaji PNS ke 13 antara lain:
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Kepolisian,
  • Para pejabat negara
  • Penerima pensiunan dan
  • Penerima tunjangan
Pada pasal 2 ayat 1 PP atau Peraturan Pemerintah No 38 TAHUN 2015 disebutkan bahwa yang menerima gaji ke 13 adalah PNS, anggota POLRI, anggota TNI, dan penerima pensiunan atau tunjangan.

Pada pasal 3 ayat 1 PP atau Peraturan Pemerintah No 38 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa besaran gaji/pensiunan/tunjangan PNS bulan ke 13 adalah sebesar penghasilan pada bulan Juni 2015

Pada pasal 4 ayat 1 PP atau Peraturan Pemerintah No 38 TAHUN 2015 pemberian gaji/pensiunan/tunjangan bulan PNS ke 13 dibayar pada bulan Juli 2015

Pada pasal 4 ayat 2 atau Peraturan Pemerintah No 38 TAHUN 2015 dinyatakan bahwa dalam hal pembayaran gaji ke 13 tidak dapat dilaksanakan pada bulan Juli dapat dilaksanakan pada bulan berikutnya

LINKDONWLOAD PP 38 TAHUN 2015 TENTANG PEMBERIAN GAJI PNS KE 13 TAHUN 2015 (Klik Disini)

Kabar gembira bagi PNS / ASN serta POLRI dan TNI karena pemerintah Jokowi Dodo  dan Juysuf Kalla akan segera  merealisasikan pencairan gaji ke 13 dan kenaikan gaji tahun 2015. Kabar ini terungkap  dari informasi yang dirilis http://finance.detik.com/. Menurut finance.detik.com, Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)‎ mengusulkan agar gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Polri di 2015 bisa cair sebelum Puasa dan Lebaran. Usulan ini telah mendapat 'lampu hijau' dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


"Jadi Pak Presiden berpandangan, sebelum puasa, gaji ke-13 sudah bisa dicairkan. Pak Presiden ingin agar PNS, Polri dan TNI untuk memiliki uang lebih untuk Puasa‎," kata Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi saat ditemui di rumah dinasnya, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Jumat (22/05/2015).

Yuddy mengatakan kementeriannya sedang membuat surat keputusan rancangan pencairan gaji ke-13 bagi PNS, TNI dan Polri. Surat tersebut juga satu paket dengan rancangan kenaikan gaji berkala setiap tahun yang diusulkan sebesar 4%.

"Dalam waktu dekat atau tepatnya pekan depan saya akan meneruskan surat ini ke Pak Presiden untuk disetujui‎," tambahnya.

Ia juga menuturkan khusus kenaikan gaji berkala bagi PNS, TNI dan Polri diusulkan setiap tahun dilakukan. Besarannya mengikuti perhitungan inflasi yang dihitung oleh pemerintah setiap tahun.

"Setiap tahun besarnya sesuai inflasi, tahun ini kita usulkan ke Pak Presiden 4%. Prosesnya Pak Presiden minta dipercepa‎t," kata Yuddy.

Seperti diketahui selama ini dalam sistem pengupahan aparatur negara seperti PNS, TNI dan Polri tak dikenal istilah Tunjangan Hari Raya (THR), namun yang ada hanya gaji ke-13 yang biasanya pencairannya menjelang Puasa atau Lebaran.






Blog, Updated at: 11:12 PM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB