Contoh Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas




Contoh Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas. Adik-adik mungkin ada yang ditunjuk mewakili teman-teman untuk berpidato dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas. Berikut ini kakak berikan beberapa contoh naskah pidato perpisahan dan kenaikan kelas yang kakak ambil dari beberapa tulisan. Contoh naskah pidato perpisahan dan kenaikan kelas untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK sengaja disatukan agar adaik-adik mudah untuk menemukannya.  


Berikut ini contoh Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas untuk SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK

1.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SD/MI. Contoh ini saya ambil dari http://pintarpidato.blogspot.com/

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kepada yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah beserta wakil
Yang kami hormati Wali Kelas 6 tercinta
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu Dewan guru
Yang kami hormati semua Bapak/Ibu wali murid
Terkhusus kepada kepada kedua orang tua kami...

Ijinkanlah kami ini, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata. Bukan berarti kami adalah yang terbaik, tapi karena tuntutan dari rekan2 kelas 6, maka kami berada di hadapan Bapak/Ibu dan rekan-rekan semua.

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah subhanahu wataala, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehinggga kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dan salam juga semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan pengikutnya yang setia dengan ajaran yang beliau bawa hingga akhir jaman. Amin.

Tiada gading yaang tidak retak. begitupun dengan apa yang akan kami sampaikan nanti. Pasti akan banyak kesalahan dan kehilafan. Untuk itu, mohon maafkan dan maklumi kami.

Dalam kesempatan ini, ijinkanlah kami menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu dewan guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami bisa menjadi seperti ini. Bisa membaca, bisa menulis, bisa menghitung dan bisa belajar untuk menjadi manusia yang sesungguhnya.

Dengan telatennya, engkau membimbing kami. Tiada ada kata bosan. Selalu sabar menghadapi tingkah polah kami yang kadang membuat jengkel. Maafkan kami. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami. Tanpa bimbingan kalian semua, apalah arti diri kami semua.
  
Untuk teman-temanku semua, ini adalah hari perpisahan kita di SD ini. Berat rasanya memang. Setiap hari kita selalu bersama. Bermain bersenda gurau. Tertawa. Bercanda. Sungguh, semua kenangan itu tidak akan pernah terlupakan.

Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Kalian semua adalah teman-teman terbaik.
  
Kepada Bapak dan Ibu Orang tua dan wali murid sekalian. Inilah anakmu. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya disana-sini. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti. Kami masih haus bimbinganmu. Kami masih haus kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

Demikianlah pidato singkat perpisahan sekolah di kelas 6 ini, semoga kita bisa memetik hikmah dari apa yang kami sampaikan. Kami akhiri, Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

  
2.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SD/MI. Contoh ini saya ambil dari http://www.naskahpidato.com/ karya Kartika Nur Azzizah


Assalamu'alaikum WR.WB
Bismillahirrohmainirrohim
Alhamdulillahi robbil 'alamin, wassolatu wassalamu 'ala asrofil ambiya'i wal mursalin wa'ala alihi wasobihi ajma'in amma ba'du
Yang terhormat Ibu/Bapak Kepala Sekolah SD...
Yang saya hormati dewan guru serta karyawan/karyawati SD...
Yang saya sayangi tean-temanku dan adik-adiku kelas 1-5 SD...


Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah S.W.T atas limpahan rahmat,taufik,hidayah dan inayaah-Nya. Sehingga kita masih dapat berkumpul dalam acara perpisahan ini.
Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W. Semoga kita tergolong umat yang mendapat syafa'at nya di hari kiamat nanti. Amin ya Robbal 'Alamin.


Hadirin yang saya hormati,

Izinkan saya sebagai wakil dari kelas dari teman-teman kelas 6 berada di hadapan Bapak/Ibu dan adik-adik sekalian. Untuk menyampaikan sepatah dua patah kata tentang kesan-kesan kami selama kami masih berada di (nama Sekolah) ini.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati,

Pada kesempatan ini kami sangat berterimakasih atas bimbingan Bapak/Ibu guru yang dengan telatennya mengajari kami tanpa kata bosan. Walaupun kadang ada perilaku kami yang membuat jengkel. Juga kepada karyawan/karyawati (nama sekolah) kami sangat berterimakasih karen telah memberikan pelayanan yang baik kepada kamisemua.

Adik-adik yang saya cintai,

Kami bererimkasih atas doa dan dukungannya, semoga adik-adik sekalian akan terus berprestasi. Saya berpesan belajarlah dengan rajin, patuhilah nasehat Bapak/Ibu guru.

Maafkanlah kami karena selama kami berada di (nama sekolah) banyak melakukan kesalahan. Kami mohon pamit dan doa restu. Mudah-mudahan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi kami dapa t menjadi lebih baik. Demikian pidato dari saya.

Terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu dan adik-adik sekalian
Mohon maaf jika ada kekurangan
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalamu 'alaikum WR.WB


3.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SMP/MTS. Contoh ini saya ambil dari http://belajarpsikologi.com/

Berikut Naskah contoh Pidato Perpisahan dan Kenaikan Kelas siswa SMP

Assalamualaikum wr. Wb
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.
Wassalam.


4. Pidato atau Sambutan Siswa Kelas IX SMP Dalam Acara Perpisahan Dan Kenaikan Kelas


Assalamu alaikum Wr.   Wb.
Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati
Bapak dan Ibu Guru, serta Staf TU yang saya hormati
Bapak dan Ibu Orang Tua kami yang saya hormati dan sayangi
Bapak/Ibu para undangan yang saya hormati
Serta teman-teman dan adik-adiku yang saya banggakan.

Pertama-tama saya panjatkan  puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas limpahan segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam  acara perpisahan siswa-siswi kelas 9 dan kenaikan kelas bagi siswa siswi kelas 7 dan 8.

Hadirin yang saya hormati, Saya selaku wakil dari teman-teman kelas 9, ijinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan dan kenaikan kelas ini.

Selama belajar di SMP ini, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar yang dengan sangat baik, sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Alhamdulilah berkat jerih payah dan kerjasma semua guru, kepala sekolah dan selalu stap TU di sekolah ini akhirnya kami dapat lulus dari SMP ini.

Kepada Bapak kepala sekolah,  Bapak Ibu guru dan TU,  terimlah permohonan maaf kami yang setulus-tulusnya atas tutur kata dan perbuatan kami yang tidak berkenan dihati Bapak Ibu selama selama ini.  Mudah-mudahan semua Bapak Ibu yang melaksanakan tugas di sekolah ini selalu dapat diberikan kesehatan yang baik, mendapat kebahagian serta lindungan dari Allah SWT.

Hadirin yang saya hormati, Sungguh berat rasanya menghadapi pisahan ini, karena selama 3 tahun kita telah bersama-sama. Tetapi perpisahan memang terkadang tak terelakkan, yang dapat kita lakukan hanya saling memaafkan dan mendo’akan agar kita semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, Madrasah Aliyah, SMK maupun jenjang pendidikan lainnya. Dan mudah-mudahan kita dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Kepada adik-adik kelas 7 dan 8, kakak berpesan: maafkanlah kami jika ada kesalahan, jaga nama baik sekolah ini, dan rajin-rajinlah belajar, hanya dengan belajar kalian semua akan berhasil.

Akhir kata, saya menyampaikan permohonan maaf apabila ada kata-kata saya yang salah atau kurang berkenan di hati hadirin semua.

Wassalamu alaikum Wr.   Wb.
  

5. Pidato atau Sambutan Siswa Kelas VII dan VIII SMP (Adik Kelas) Dalam Acara Perpisahan Dan Kenaikan Kelas

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Bapak kepada sekolah, bapak dan ibu dewan guru, beserta teman-teman kelas 7 dan 8, dan khususnya kepada kakak kelas 9 yang, berbahagia. Untuk mengawali pertemuan kita pada kesempatan hari ini, marilah kita sanjungkan ucapan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt, karena kita masih ditakdirkan oleh Allah Swt. bisa menghadiri kegiatan perpisahan kelas 9 dan kenaikan kelas bagi kelas 7 dan 8.

Kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, karena beliaulah yang telah menerangi kehidupan kita yakni dengan hadimya agama Islam, agama yang membawa rahmat, agama yang diridlai oleh Allah Swt. Mudah-mudahan kita semua termasuk umat beliau yang seta kepadanya, dengan memenuhi perintahnya, dan menjauhi segala larangannya.

Bapak guru, ibu guru, kakak-kakak kelas tiga, serta teman-teman yang berbahagia. Saya bicara di hadapan teman sekalian dan dewan guru ini merupakan wakil dari adik-adik yang ditinggalkan. Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan waktu yang diberikan kami.

Kakak kelas ku yang kami banggakan, pada kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada kakak-kakakku yang telah dinyatakan lulus. Saya mewakili adik-adik kelas, hanya bisa mendo’akan semoga keberhasilan selalu menyertai kakak-kakak sekalian. Teriring do’a dari adik-adik, agar setelah lulus dari sekolah ini kakak-kakak mau menambah dan mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama duduk di bangku sekolah ini.
  
Juga saya mewakili teman-teman yang lain mengucapkan terima kasih atas kebaikan kakak-kakak yang berupaya membimbing adik-adik, baik itu melalui ke pengurusan OSIS, atau berbagai macam pengalaman ketrampilan. Mudah-mudahan segala kebaikan kakak-kakak terhadap kami senantiasa dibalas oleh Allah Swt. dengan pahala yang berlimpah, Amiin.
  
Terakhir, pada kesempatan ini saya mewakili teman-teman menyampiakan permohonan maaf atas segala kesalahan dan kehilapan selama beberapa tahun kita bersama belajar di SMP ini. Selamat berpisah, semoga berhasil dalam segala aktifitas.

Demikian sambutan yang saya berikan, mohon maaf apabila ada kekurangan. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.



6.    Contoh Pidato perpisahan dan Kenaikan kelas untuk siswa SMA/SMK. Contoh ini saya ambil dari http://www.hasbihtc.com

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah S.W.T yang selalu memberikan rahmat-Nya pada hari ini sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah. 

Shalawat serta salam saya berikan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW beserta sahabat dan umatnya, Dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita.
Dan yang terhormat bapak/ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung yang selalu memberikan Motivasi kepada kita Beserta Guru dan Staf T.U

Dan yang saya cintai teman-teman di 12 kelas pada tahun 2012, khususnya teman-teman 12 IPA 3 I love U forever banget.

Dan tidak lupa terima kasih kepada panitia yang telah membuat acara ini meriah dan pula yang memungkinkan saya untuk berdiri di sini dalam pidato yang disampaikan di depan audiens sekarang. 

Saya hanya ingin berucap kepada teman-teman semua yakniselamat untuk kita semua! Kami berhasil lulus akhir .. Ya Allah, Alhamdulillah .. Hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini telah berakhir .. Kita lulus! Kami tidak anak SMA lagi! Kami akan meninggalkan sekolah ini .. dan terpisah ..

Perpisahan .. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan kita pasti bertemu baru dan sudah akrab di sekolah di sini. Atau mungkin sudah ada sejak SMP, sejak SD, atau bahkan sejak lima. Pertemanan kebahagiaan akan ada ketika kita rumit ini selama tiga tahun dapat bertahan selamanya. Seakan-akan tidak tergoyahkan oleh apapun. Tetapi kita tidak dapat menyangkal bahwa sengan berjalan selama hidup kita, bersama dengan kedatangan sesuatu yang baru seperti kuliah, ngekos, kerja, perkawinan, dan juga sejalan dengan kedatangan orang-orang yang baru, teman baru, pacar baru, baru guy , pemisahan biasa terjadi. Diantara kita mungkin merasa bahwa perpisahan pengecut karena dia sedang menunggu untuk melihat hal-hal baru yang lebih menyenangkan daripada hal-hal berikut adalah sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena ia memiliki banyak hal yang menyenangkan di sini dan berapa banyak kenangan telah dibuat ..

Kenangan .. Teman-teman yang saya kasih, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tidak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena uang sekolah yang tinggi tanpa kita memiliki segala sesuatu yang berharga. Kemudian membuat banyak kenangan! Melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Katakanlah apa yang ingin Anda katakan. Katakanlah kepada guru dalam mengajar terlalu kaku menjadi lebih santai. Katakanlah kepada bising cewe-cewe yang sok ngerasa cantik dan populer tuh jika otak lebih penting dari tampilan! Katakanlah kepada cowo d cupu sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang anda cintai bahwa Anda mencintainya! It's SEKARANG atau NEVER, teman! Come On! Seperti waktu berjalan oleh, memori tetap. Seiring waktu, satu-satunya yang tersisa kenanganlah ..


Terakhir, Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, tidak pernah tidak adil dalam mengajar, sabar, sangat lelah dan tidak tahu ke dalam panduan kami. Terima kasih atas jerih payah semua guru, kami dapat lulus dari SMP.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas untuk mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu diberikan. 

Ada sebuah kutipan dari film Cinta Pertama dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Joshua Benjamin bahwa pertemuan tidak ada yang kekal. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupa hal-hal yang berharga kami telah berpengalaman selama tiga tahun sekolah di sini. Menyimpan kenangan di hati kita semuaaa= ..

Selamat dipisahkan! Selamat adalah karena menjadi non-anak-sekolah lagi. Jauhkan diri Anda jauh dari orang tua kuliah.

Itulah bebapa kata dalam Pidato yang saya sampaikan. Semoga apa yang anda cita-citakan dibangku perkuliahan terwujud....amien..

Akhir kata Kami minta maaf jika ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post