PENCAIRAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU TAHUN 2016

Posted by SERBA SERBI GURU on Thursday, March 12, 2015



Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mencairkan dana anggaran tunjangan sertifikasi guru triwulan I tahun 2016 pada April 2016 mendatang. Untuk penentuan besaran pemberian sertifikasi kepada masing­-masing guru sama dengan tahun sebelumnya, yaitu sesuai dengan gaji pokoknya. Sesuai Juknis Transper Daerah dan Dana Desa pencairan dana sertifikasi guru pada triwulan I yaitu di bulan April, walaupun penghitungan triwulan 1 dari Januari, Februari dan Maret. Dengan demikian untuk pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2016 Triwulan 1 diperkirankan sudah Cair pada bulan April 2016




Ketentuan tersebut juga akan berlaku untuk pencairan tunjangan profesi guru  triwulan II 2016 yang akan cair di Juni 2016, triwulan III cair di Oktober 2016 dan triwulan IV akan cair Desember 2016. Untuk besaran sertifikasi guru sama dengan tahun lalu, yaitu setiap guru akan mendapatkan sesuai dengan gaji pokok yang dia terima atau golongan dia jabat sekarang atau satu kali gaji pokok. Dengan demikian golongan 3A akan berbeda dengan golongan 3B dan 3C, karena gaji pokok mereka berbeda

Besaran tunjangan sertifikasi sesuai dengan gaji guru terima. Tunjangan sertifikasi ini sama dengan gaji guru bersangkutan. Contoh, ketika gaji pokok guru tersebut Rp 3 juta, maka tunjangan sertifikasinya juga Rp 3 juta.  Pemberian tunjangan sertifikasi guru diberikan kepada guru yang telah lulus sertifikasi baik melalui portofolio, PLPG atau PPG. Dengan demikian ketika seorang guru belum lulus di LPTK belum bisa mendapatkan sertifikasi. Sedangkan, bagi guru yang berstatus non pegawai negeri sipil (PNS) yang belum memiliki impasing akan mendapatkan dana sertifikasi sebesar Rp. 1.500.000.


Dalam pelaksanaannya memang di bebarapa daerah masih terdapat keterlambatan pencairan tunjangan sertifkasi atau profesi guru. Akibat dari telatnya pencairan dana sertifikasi tersebut. Para guru tidak mempunyai perencanaan kebutuhan dan pengelolaan uang yang baik, dana tersebut tidak bisa digunakan untuk kebutuhan yang disarankan, contohnya untuk keperluan kebutuhan guru dan keperluan diutamakan. 


Blog, Updated at: 8:29 AM

12 comments:

  1. TPG non pns kota tasik belum cair yah...tolong yg berkepentingan melihat situasi ini, knp didaerah lain sudah pada keluar!

    ReplyDelete
  2. kab situbondo TPG pns belum cair hingga sekarang ....sedangkan kab tetangga sudah cair ...

    ReplyDelete
  3. kab bandung barat belum cair samapai sekarang,,,,,kenapa bapak bapak pejabat kah yg nahan" pencairan itu supaya berbunga dulu buat beli mobil baru???????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu pak gungun, sudah lama hal ini terjadi secara terus menerus, seakan hal ini menjadi lumrah dan menjadi rahasia umum pejabat daerah KBB.

      Delete
  4. Minta info pencairan sertifikasi April 2015 hari dan tanggal berapa ??
    Dan mohon kepada pihak instansi yang mengurus supaya jangan menghambat dan mempersulit hak hak para pegawai.
    Yang saya tau dana dari negara sudah di salurkan ke tiap2 daerah.
    Terimaksih

    ReplyDelete
  5. sampai tgl 1 mei 2016 walau sudah memegang SKTP tetapi dana sertifikasi juga belum dpt dicairkan.

    ReplyDelete
  6. sampai tgl 25 mei 2016 walau sudah memegang SKTP tetapi dana sertifikasi juga belum dpt dicairkan.

    ReplyDelete
  7. merujuk pada juknis kemendikbud nomr 17 thun 2016 CPNS yang telh memiliki sertifikat dibyrkan tunjangan sertifikasinya sebesar 80% dri gaji gol. III/a,,kasian kami yg sudah sertifikasi tetap tidak bisa dibayarkan tunjangannya meskipun SKTP sudah terbit krn masih gol.II....sabarrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami yg di DKI sampai hari ini juga blum cair

      Delete
  8. kami guru di dki sampai hr ini juga blum cair sertifikasinya...

    ReplyDelete
  9. Saya yang terdampak kurikulum 2013 dengan sertifikasi IPS tidak cair karena mata pelajaran IPS di SMK hilang

    ReplyDelete
  10. Dki jakarta sampai h-2 lebaran tpp tw 1 -tw 2 blm cair.. Mohon perhatian... Mohon segerakan krn ini sdh hak guru..

    ReplyDelete

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB