NILAI UN 2015 TIDAK MEMPENGARUHI HASIL SNMPTN 2015

Posted by SERBA SERBI GURU on Monday, February 9, 2015


Informasi yang dirilis TEMPO.CO bahwa Ketua Panitia Nasional Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Rochmat Wahab mengatakan nilai Ujian Nasional yang diperoleh siswa Sekolah Menengah Atas tidak akan menjadi salah satu aspek penilaian seleksi SNMPTN. "Kami tidak akan melihat nilainya (UN). Yang penting siswa ikut UN," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta itu dalam konferensi pers di Kantor Gedung Pendidikan Tinggi Senayan, Senin, 9 Februari 2015. 

Rochmat hanya menekankan agar siswa yang hendak mengikuti SNMPTN 2015 harus mengikuti ujian nasional 2015 dan lulus dari sekolahnya. Lulus sekolah menengah atas atau sederajatnya saat ini memang tidak hanya dilihat dari nilai UN. Sekolah, kata dia, memiliki hak prerogatif, dengan melihat berbagai unsur, untuk menyatakan kelulusan muridnya. 

Keikutsertaan siswa dalam ujian nasional ditekankan oleh Rochmat. Namun nilai ujian nasional itu tidak akan dipermasalahkannya. "Saat pendaftaran ulang di universitas nanti, siswa harus menyerahkan keterangan lulus dari sekolahnya dan tanda bukti sudah ikut UN," kata Rochmat.

Sekretaris Panitia SNMPTN, Werry Darta Taifur, mengatakan tanda keikutsertaan UN hanya menjadi tanda bahwa ia peserta SNMPTN 2015 yang baru lulus sekolah tahun ini. "Jadi si anak itu artinya baru saja tamat tahun ini," katanya. 

SNMPTN menjadi salah satu dari 3 cara penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri 2015. Program ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Seleksi siswa yang mengikuti SNMPTN tidak ada ujian tertulis dan hanya berdasarkan nilai rapor SMA dari semester 1 hingga semester 5. "SNMPTN ini seperti PMDK (Program Penelusuran dan Kemampuan) di waktu dulu," kata Bendahara SNMPTN Ravik Karsidi.

Sebelumnya, proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 telah dimulai. Seperti tahun sebelumnya, seluruh biaya SNMPTN ditanggung pemerintah alias gratis. Adapun biaya pendaftaran ujian tulis pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dikurangi.

Proses pendaftaran SBMPTN dimulai dari sekolah sejak 22 Januari hingga 8 Maret 2015 dengan mengisi data prestasi akademik siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS). Nilai rapor yang dimasukkan dari semester 1-5 untuk siswa SMA, atau hingga semester 7 bagi siswa SMK sederajat.

Pendaftaran siswa oleh sekolah pemilik identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional dimulai 13 Februari sampai 15 Maret 2015. Panitia selanjutnya melakukan seleksi berdasarkan peringkat siswa dan prestasi lain di sekolah pada 16 Maret hingga 8 Mei 2015. Pengumuman peserta SNMPTN yang lolos dijadwalkan 9 Mei.



Blog, Updated at: 5:10 AM

4 comments:

  1. Yini beneran kan min? Soalnya aku ga mau terjerumus sama yang ga jujur itu :'(

    ReplyDelete
  2. apakah nilai UN memprngaruhi seseorang unutk dapat masuk ke PTN?? dan mempengaruhi SBMPTN??

    saya minta tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  3. apakah nilai UN berpengaruh untuk dapat masuk ke PTN?? dan mempengaruhi SBMPTN

    saya minta tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  4. Info terbaru. Dari menristek dan depdikbud. Nilai UN juga menentukan (mempengaruhi) hasil SNMPTN. Jadi pernyataan sebaliknya dalam berita ini hanya dari rektor yg bersangkutan

    http://news.liputan6.com/read/2183544/menristekdikti-nilai-un-jadi-pertimbangan-standar-snmptn

    ReplyDelete

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB