TOKOH PENDIDIKAN: JOHN I. GOODLAD

Posted by SERBA SERBI GURU on Thursday, January 1, 2015

John I. Goodlad mengajar di setiap jenjang mulai dari kelas satu (first grade) sampai seminar advanced graduate. Ia memulai karir profesionalnya di sebuah sekolah desa yang hanya memiliki satu ruangan di British Columbia, Kanada. Setelah menerima ijasah mengajar pada 1939, ia adalah guru sebelum menjadi kepala sekolah tahun 1941. Pada 1946, ia belajar ke University Of California at Los Angeles, dan Universitas Of Washington. Ia menduduki beberapa jabatan kepemimpinan di berbagai universitas serta Organisassi penelitian dan pendidikan lainnya seperti Direktur Center for Teacher Education University of Chicago, Direktur University Elementary School di UCLA, Direktur Center for Education Inquary yang idependen dan berbasis di Seattle.


Googlad adalah seorang penulis produktif. Penyelidikan dan renungannya tentang pendidikan menghasilkan lebih dari 30 buku, 200 artikel jurnal, dan 80 bab buku dan entri ensiklopedia.

Goodlad (lahir 1917) adalah salah satu penggerak utama dalam pendidikan Amerika pada paruh terakhir abad ke-20. John Goodlad, salah satu dari dua anak laki-laki yang lahir William James dan Mary (Inkster) Goodlad, menghabiskan sembilan tahun pertama hidupnya di lereng bukit dari Vancouver Utara, British Columbia. Kehadiran di sekolah enam kamar diperlukan berjalan-jalan menuruni bukit di awal hari dan lain kembali ke atas bukit di sore hari. Tiga anak laki-laki yang tinggal di lereng bukit harus bergaul dengan satu sama lain karena tidak ada alternatif.

Isolasi itu, disertai dengan periode isolasi dari sekolah karena campak biasa, cacar air, dan sejenisnya, "mungkin adalah berkat," katanya. "Ini mendorong saya ke banyak membaca novel-hari selama masa sakit dan banyak membaca terus ke tahun remaja saya." Goodlad mengingat periode setelah usia sembilan dan selama Depresi Besar ketika berkomentar, "Satu-satunya hal yang baik tentang tahun-tahun adalah bahwa setiap orang miskin." Dengan pengecualian dari beberapa keluarga di masing-masing dua sekolah dasar yang ia hadiri, semua orang milik kelas ekonomi yang sama rendah.

Universitas Out of Reach Nya
Dia ingat beberapa pemikiran sekilas menjadi seorang dokter atau pengacara, tapi keduanya berarti pergi ke universitas dan tidak ada prospek dia melakukan hal itu. Sebuah tahun kelima sekolah tinggi, disebut matrikulasi senior, memungkinkan baginya untuk mengamankan setara pendidikan tahun pertama di universitas, dan dari yang ia melanjutkan ke sekolah biasa provinsi (1938) di Vancouver untuk memenuhi syarat untuk SD sekolah sertifikat mengajar. Ia mulai mengajar pada tahun 1939 di sebuah sekolah satu kamar di sebuah distrik yang pada saat itu tidak menggunakan pengawas. Dewan sekolah yang digunakan setiap guru; setelah itu, buku, bahan, dan keputusan-keputusan administratif yang dibuat oleh seorang sekretaris / bendahara dibayar dewan. Gaji Goodlad untuk tahun pertama adalah $ 780 untuk periode 10 bulan. Dari sini ia harus menabung cukup uang untuk pergi ke sekolah musim panas untuk dua musim panas berturut-turut agar memenuhi syarat untuk sertifikat mengajar permanen.

Dalam tahun-tahun berikutnya saat bekerja sebagai guru dan kepala sekolah ia kuliah di University of British Columbia selama sesi musim panas dan mengambil kursus korespondensi selama tahun tetapi tidak hadir setiap saat sebagai mahasiswa penuh waktu. Kedua Sarjana (1945) dan Master (1946) derajat diselesaikan dengan cara ini, dan kemudian ia pecah dari British Columbia dan pergi ke Universitas Chicago untuk doktor (1949). Pada akhirnya dia adalah seorang full-time mahasiswa warga kampus untuk tahun pertama dan satu-satunya hidupnya. Pada tahun 1945 ia menikah Evalene M. Pearson dan kemudian memiliki dua anak, Stephen John dan Mary Paula.

Guru Guru
Kerja profesional Goodlad dapat dibagi menjadi dua periode, yaitu periode awal (1947-1960) yang terdiri dari berbagai posisi dalam pendidikan guru, termasuk Atlanta Mengajar Pendidikan, Universitas Emory, Agnes Scott College, dan University of Chicago; dan periode kedua (1960-1983) di Universitas California, Los Angeles (UCLA), di mana ia menjabat sebagai Direktur Sekolah Laboratorium dan sebagai dekan Graduate School of Education (peringkat pertama di Amerika tujuh tahun terakhir nya kepemilikan). Setelah pensiun dari UCLA ia diasumsikan posisi profesor (1985) dan direktur Pusat Pendidikan Renewal (1986) di Universitas Washington. Dia saat ini profesor emeritus pendidikan dan co-direktur Pusat. Goodlad juga adalah presiden dari Institute independen untuk Pendidikan Kirim. Pendidik telah menulis atau co-menulis lebih dari 30 buku; memiliki bab yang ditulis dan kertas di lebih dari 100 buku dan buku tahunan lainnya; dan memiliki lebih dari 200 artikel dalam jurnal profesional dan ensiklopedi. Tulisan-tulisannya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, Perancis, Italia, Spanyol, dan Ibrani. Dia juga telah menerima berbagai penghargaan, termasuk tujuh gelar kehormatan.

Penulis produktif
Di antara buku-buku yang lebih baru Goodlad adalah Guru Sekolah Bangsa Kita (1990), di mana dia menerima Outstanding Writing Award dari American Association of Colleges untuk Pendidikan Guru; Pendidikan Renewal: Guru yang baik. Sekolah yang lebih baik; dan In Praise of Education, di mana ia berpendapat pendidikan adalah hak mutlak dalam suatu masyarakat demokratis.

Sejak jaman Depresi Besar, efektivitas sekolah Amerika telah datang di bawah kritik meningkat. Selama periode ini John Goodlad semakin menonjol sebagai nabi yang efektif dan penggerak dalam reformasi pendidikan. Penelitiannya tidak dianggap sebagai percobaan, tetapi tumbuh dari tindakan, dari pengalaman lapangan sendiri saat ia berusaha untuk menutup kesenjangan antara kondisi yang ada di sekolah-sekolah dan apa kebijakan penelitian model telah mendalilkan. Nilai-nilai yang dipelajari dari orang tuanya, mengajar di sekolah satu kamar, dan bekerja di Atlanta selama kerusuhan rasial beberapa pengalaman lebih bermakna yang mempengaruhi penelitiannya.

Satu ide, "non-dinilai sekolah," tumbuh dari pengalamannya mengajar di sekolah satu kamar. Di sini seorang mahasiswa bernama Ernie, yang memiliki ketidakmampuan belajar, tidak maju ke tingkat kelas baru seperti yang dilakukan orang lain. Akibatnya ia meninggalkan sekolah sebagai anak bahagia dan sebagai kegagalan. Sebagai alternatif untuk kebijakan sekolah yang menurunkan anak-anak dan belajar limit, Goodlad diusulkan sekolah tanpa tingkatan kelas. Kemudian ia membuat beberapa saran untuk meningkatkan sekolah-sekolah dalam bukunya Tempat Called Sekolah (1984). Dalam studi komprehensif ini, salah satu on-the-scene penyelidikan lebih luas yang pernah dilakukan, ia mulai dengan premis yang perlu sekolah kami dirancang ulang sepotong demi sepotong. Sepanjang seluruh bidang pendidikan ia menyerukan perubahan besar yang "harus dipandu pertama dan terutama oleh prinsip-prinsip moral." Dia ingin menciptakan sebuah sekolah manusia. Dia mengatakan, "Ketika kita berbicara tentang hewan peliharaan kita menyebutnya sebagai anjing, maka kedua kita dapat berbicara tentang hal itu menjadi berbeda dari anjing lain. Tapi, ketika berbicara tentang manusia, kita berbicara tentang perbedaan pertama, kemudian diketahui bahwa mereka adalah orang-orang kemudian Namun, saya ingin berbicara tentang orang-orang sebagai manusia pertama,. saya ingin mengembangkan sekolah manusia, karena kita semua adalah satu ".

Gaya menarik Goodlad yang menulis tentang reformasi sekolah diilustrasikan dalam pembahasannya Romawi dewa Janus. Dia menyatakan, "... Janus telah digambarkan memiliki dua wajah, satu melihat ke depan dan ke belakang lainnya. Saya melihat dari sekarang ke masa lalu dan dari saat ini ke masa depan dekat. Kedua, Janus adalah semangat animisme dari pintu dan lengkungan. saya berbicara dengan masalah pemotongan pintu antara bangunan dan lengkungan atas berbagai tingkat pengambilan keputusan kurikulum. Ketiga, Janus, dalam mitologi Romawi, adalah penjaga pintu gerbang surga (yang 'pembuka' dan 'shutter') dan dewa semua awal. orang-orang yang bekerja dalam kurikulum yang diharapkan, maka, untuk memohon Janus dalam membuat awal kami dan untuk memperhitungkan Janus di akhir diyakini oleh beberapa orang untuk menjadi masih awal lagi. "(Teachers College Rekam, November 1968).

Lebih mungkin karena cintanya kepada pendidikan daripada terlepas dari itu, Goodlad telah menjadi kritikus dari sistem pendidikan AS, khususnya untuk cara melatih guru untuk kelas. Dalam sebuah artikel dua bagian untuk Minggu Pendidikan, 5 Februari; 12 tahun 1997, Goodlad mengatakan gerbang masuk ke mengajar di sekolah umum AS "selalu longgar terkunci." Dan dia meratapi cara teori reformasi datang dan pergi, menghasilkan sedikit jika perbaikan apapun. "Mayoritas dari mereka menyewa setiap tahun untuk mengajar di sekolah-sekolah kita adalah produk dari serangkaian jadah kondisi yang menentang menunjukkan dengan tepat akurat akuntabilitas Dengan akuntabilitas tersebar, menyalahkan dan penjahat teori merajalela. Ini adalah mahasiswa, itu adalah guru, itu negara, itu adalah sekolah pendidikan. "


Sumber: http://www.encyclopedia.com/topic/John_I._Goodlad.aspx

Blog, Updated at: 6:09 AM

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Loading...

STATISTIK BLOG

Download

Download

Download Prota, dll

-----------------------------------

DOWNLOAD Modul GP

Kumpulan Soal

CB